Follow by Email

Senin, 31 Oktober 2011

Samsung protek

ALHAMDULILLAAH kerjaan selalu numpuk sampe g sempet ngasih komen setiap posting yg ada, moga tmn semua jg g pernah sepi order.Kemarin dpt servisan 2 tv samsung flat dg kerusakan protek yg 1 stanby, yg 1 lg protek tp suara ada. Setelah pengecekan regulator semua normal, masalaeh fbt ra kerjo. D telusuri komponen, elco tr oke. Mumet juga hehehe... terahir kecurigaan pd C (681 2kv) dr colector HOT ke ic sbg AFC, padhal sempat d cek pke 10k hampir g ketedk pas d ukur pake 100M ternyata ada hambatan -+ 70m, wah ini dia biang keroknya ganti C d stel langsung CLING... tv pun normal. Lego atiku, utk yg tv yg ke 2 g pake mikir langsung ganti C tsb, langsung bayaran hehehe.....Mugo" ono manfa'ate By Ahmad adang nursalim.

Tv Polytron gak ada osd/display

Tadi sore ada temen ku datang ke rumah ku 1provesi dengan aku   dia membawa mesin tv polytron 123 menggunakan ic mikom stv2286 dan ic prog HBM 00-01 dengan kerusakan OSD/Dysplay gak muncul suara dan gambar ok setelah aku cek dan ricek part sbb: T705,T707 C945,R744100k,R746.4K7..di pin 26,27,28 ic HBM pin28,29 L701 dan temen2nya adalah pembangkit oscilator display,sedangkan H sinc dan V sinc sebagai pembawa osc OSD tsb setelah
aku dapati 1 komponen ya itu L 701 dengan nilai 33 ohm dengan keadaan putus setelah aku ganti prat yg putus tadi setelah pergantian pemain  tv aku coba , mak byak nongol deh logo polytron nya  dan OSD/Display nya .. terimakasih teman2 semua atas saran/info nya  berkat bantuan temen2 tv aku jadi normal lagi . ini lah pengalaman ku hari ini semoga bisa berman faat bagi kalian semua .. sukses selalu. 
.

Jumat, 28 Oktober 2011

KERUSAKAN + SERVIS PERKAKAS RUMAH TANGGA (Part 2)

MESIN CUCI 2 DAN 1 TABUNG

1.      MESIN CUCI 2 TABUNG

 Dikatakan mesin cuci dua tabung dikarenakan bagian pencuci dan pengering terpisah, baik baknya (tabung) atau pun motor dynamonya. Adapun macam2 kerusakan dan penangannya akan saya coba bahas pada kesempatan kali ini.

*MATI TOTAL
=> Periksa kabel/steker listrik AC, fuse, timer2 dan kabel yang ke timer atau yang ke dynamo. Sering kali kabel2 tersebut putus dikarenakan digigit tikus.


*NYETRUM
=>  Periksa apakah ada kebocoran pada seal as bak pengering atau as gearbox pada pencuci. Umumnya masalah nyetrum pada mesin cuci dikarenakan dynamo yang ketetesan air dari seal yang bocor sehingga aliran listrik mengalir dari dynamo yang basah ke as bak pengering dan pencuci. Atau bisa juga dikarenakan pengguna yang ceroboh menumpahkan air yang cukup banyak pada panel timer mesin cuci.
Jika seal bocor segera lakukan penggantian karena jika di biarkan dapat dipastikan gulungan dynamo akan mudah short. Jika Seal atau gearbox yang bocor sudah diganti lalu dynamo dikeringkan tapi masih yetrum juga, berarti sudah terjadi contact body dari lilitan dynamo pada keren yg berkorosi/karat. Dapat diatasi dengan jalan memberikan arde atau ground ke bumi pada body dynamo dan mesin cuci atau menggulung ulang dynamo tersebut.
Saat mengganti seal, olesi seal dan as dg grease/gemuk secukupnya.

*PUTARAN MESIN CUCI LEMAH
=>Cek vanbelt, jika longgar lakukan penyetelan dg menggeser jarak dynamo atau lakukan penggantian jika masih longgar. Ganti vanbelt dg tipe yang sama. Jangan menyetel vanbelt terlalu kencang karena akan cepat merusak gearbox dan as dynamo. Jika kesulitan mendapat vanbelt dg no. yang sama, anda dapat mencoba mencari vanbelt ke toko onderdil mobil dg membawa contoh vanbelt. Yang penting lingkaran dan ketebalannya sama.
Untuk mengecek apakah kekencangan vanbelt sudah cukup dapat dilakukan dg jalan saat mati putaran kipas penggilas tidak terasa terlalu berat saat di putar dengan tangan. Lalu tes dengan menhidupkan mesin cuci. Tahan kipas penggilas dg tangan sekuatnya saat pergantian arah putaran. Jika dynamo terdengar hanya berdengung berarti ok, tapi jika dynamo masih terdengar berputar.berarti vanbelt masih slip atau longgar.
=>puli atau kipas penggilas yang terbuat dari plastic aus dan los dari as gearbox. Ini ditandai dengan seringnya baut pengikat pada  kedua part tsb kendor dg sendirinya..   =>Jika semua ok. Cek kapasitas pada capasitor dynamo pencuci yang normalnya berkisar antara 10 – 16 uf/400VAC.

*MESIN CUCI TIDAK MAU BERPUTAR HANYA SUARA BERDENGUNG DARI DINAMO
=>As macet, bersihkan as dan bos lalu lakukan pelumasan.
=>Capasitor jebol
=>Lilitan dynamo short atau putus pada bagian starter. Cek hubungan semua kabel dengan tester.
Untuk mengatasi/mengecek dynamo yang short/putus dan cara menggulungnya dapat dilihat pada postingan sebelumnya.

*MESIN CUCI HANYA MAU BERPUTAR SATU ARAH ATAU TIDAK MAU MATI SENDIRI
=>Timer rusak atau salah satu kabel dari timer ke capasitor putus. Kerusakan pada timer bisa jg menyebabkan dynamo tidak mau muter sama sekali. Kalau begitu cek juga switch selector (jika ada) pada tombol Drain, Normal dan Gentle.

*AIR DI BAK BERKURANG SENDIRI/BOCOR
=>Karet penutup pembuangan terganjal kotoran, bisa duit logam, peniti atau lainnya.
=>Karet penutup pembuangan air sudah kaku/tidak elastis atau bisa juga sobek rompal.
=>per spiral penekan karet patah.

*AIR DI BAK TIDAK MAU DIBUANG
=>Tali atau tuas penarik pada tombol drain patah/putus. Atau tombolnya sendiri pecah.
=>Saluran pembuangan tersumbat kotoran atau uang logam yag menumpuk dan tdk bisa lolos kesaluran pembuangan.

*PENGERING (SPIN) TIDAK MAU MUTER DAN  DINAMO TIDAK ADA RESPON SAMA SEKALI
=>Sensor switch pada penutup bak pengering ndak nyambung, timer rusak atau kabel2 ada yang putus.

*PENGERING TIDAK MAU MUTER, HANYA SUARA DENGUNG DARI DINAMO
=>Selain sama penganannya pada kasus pencuci, sering jg dikarenakan tali rem tromol yang ada pada dynamo atau tuasnya di penutup bak putus/patah. Bisa juga seling remnya macet berkarat.

*PENGERING PUTARANNYA LEMAH SAAT DIBERI BEBAN
=>Hampir pada semua motor penggerak yang menggunakan capasitor kasusnya adalah sama. Selain kapasitor yang berkurang kapasitasnya, Gulungan dynamo sdh short. Jika dipaksa untuk digunakan maka akan memperparah bagian yang short sampe terbakar atau putus.

*SAAT MENGERINGKAN PAKAIAN, BAK PENGERING BERPUTAR TIDAK STABIL
=>Selain karena tidak meratanya saat meletakkan pakaian di bak pengering, bisa juga dikarenakan per balancing pada kaki dynamo pengering patah, kendor skrupnya, Seal robek atau bos pada seal lepas dari karet seal.. Segera atasi masalahnya karena dapat menyebabkan seal robek/tidak awet atau yang lebih extrim as bak pengering bengkok dan baknya pecah.
=>Bisa juga dikarenakan pakaian kecil yg terlempar keluar dari bak pengering karena tidak di beri penutup saat proses berlangsung, sehingga pakaian masuk ke bak bagian luar dan terlilit di as bak pengering. kalo pakaiannya sudah terlilit sangat ketat dan banyak, dapat juga menyebabkan as macet..

CATATAN : Saat mencuci sebaiknya posisi selang pembuangan tidak dinaikkan. Agar jika terjadi kebocoran dapat segera diketahui. Dan juga apabila selang dinaikkan saat mencuci sementara terjadi kebocoran pada karet  tutup pembuangan, air akan mengenangi bagian pengering dan bisa saja terjadi rembesan yang akan menetes ke dynamo.


2.      MESIN CUCI 1 TABUNG (FULL AUTOMATIC)

Tidak jauh dengan mesin cuci 2 tabung kerusakan dan cara penangannya. Terutama apabila terjadi kerusakan pada dynamo dan masalah kebocoran. Hanya saja pada mesin 1 tabung pencuci dan pengering letaknya di satu tempat, sehingga motor dynamo yang digunakanpun hanya satu.

Selain itu,  mesin ini bisa bekerja secara full otomatis pada semua bagian. Jadi saat pengoperasian anda hanya perlu memasukkan pakaian dan sabun secukupnya. Lalu dengan 1 kali menekan tombol start mesin akan bekerja secara otomatis mulai dari pengisian air, mencuci, membilas dan mengeringkan. Bahkan untuk tipe yang baru ada yang sudah dilegkapi sisitim memory dimana anda dapat menyetel jam berapa mesin mulai bekerja. Misalkan anda mengeset saat fajar, maka saat anda bangun pagi anda tinggal menjemur pakaian sehingga menghemat waktu anda. Tapi untuk proses full ototomatis, syarat air kran yang harus selalu ada menjadi kewajiban. Oleh karena itu sebagian ibu rumah tangga menganggap mesin cuci ini boros air dan sabun. Mesin tipe ini tidak akan start mencuci jika bak belum terisi air hingga water levelnya. Untuk pengetesan tanpa air, cabut selang water level dari tabung lalu tiup dg mulut sekuatnya. Jika tdk ada masalah pada otomatis water levelnya, mesin akan berputar walau tidak ada airnya saat proses pencucian.

Untuk system pengoperasian yang tipe sekarang ini menggunakan system digital. Yang tentu saja menggunakan modul sirkuit elektronik dengan rangkaian IC program , transistor dan triac sebagai switch elektrik akhirnya. Memang agak sedikit merepotkan jika terjadi kerusakan pada bagian ini. Namun bagi yang telah berkecimpung di dunia elektronik, tidaklah terlalu sulit menanganinya. Hanya saja ketersediaan spare part nya dipasaran seringkali menjadi kendala sehingga anda harus berimprofisasi untuk mengatasinya. Sedangkan di SC dijual 1 set modul yang tentu saja harganya lumayan mahal. Atau anda dapat mengunakan modul universal (made in china) walau agak merepotkan. Tapi sejujurnya saya tidak menyarankan untuk yang terakhir ini.

Dikarenaka mesin cuci ini bekerja secara full Automatic. Jika terjadi kerusakan, sebaik dilokalisir terlebih dahulu permasalahannya. Pada system elektrik, mekanik, atau dinamonya. Lakukan pengetesan secara semi automatic. Selebihnya kerusakan pada mesin cuci 1 tabung dan perbaikannya sama saja dg mesin 2 tabung. Hanya pada Sistem elektrik kita diharuskan lebih teliti dalam pengecekan dan perbaikannya.

Semoga ini dapat menjadi inspirasi bagi anda,  terutama bagi yang awam dan mau belajar. Good luck……

Sabtu, 22 Oktober 2011

KERUSAKAN + SERVIS PERKAKAS RUMAH TANGGA (Part 1)

          Selain servis tv, hampir semua perkakas rumah tangga yang berupa elektronik atau menggunakan listrik saya kerjakan di bengkel. Terutama yang memiliki ekonomis tinggi atau yang tidak perlu mikir dan makan waktu lama. Dari seterika, mesin cuci, pompa air, kipas angin, Dinamo mesin industri sampai ke pemasangan instalasi listrik. Dengan prinsip "Semakin banyak yang bisa kita kerjakan, maka akan semakin banyak peluang pekerjaan yang kita dapat". Alhamdulillah tidak ada waktu bagi saya untuk melamun nunggu pasien. Bahkan saya bisa berbagi pekerjaan kepada teman jika waktu yang saya miliki tidak memungkinkan atau keahlian saya dan peralatan yang saya punya tidak mendukung. Untuk bagian 1 ini saya akan coba bahas masalah pompa air dan kipas  angin. Mudah2an yang akan datang banyak waktu untuk membahas yang lain. Semoga ini bisa menjadi inspirasi bagi rekan2 yang pernah mengeluhkan sepi pasien. Saran dan kritik dari rekan pembaca sangat saya harapkan. Sebelumnya terima kasih.
1.      POMPA AIR



*MATI TOTAL=> Periksa kabel /steker listrik AC, automatic pressure switch (otomatis pompa/jika menggunakan).  Jika di cek tegangan listrik sdh masuk ke terminal/kabel dynamo tapi pompa masih matot, kemungkinan besar dynamo sdh putus atau bisa juga thermo protector di lilitan dynamo rusak.
*HANYA BERDENGUNG TIDAK MAU BERPUTAR=>  periksa apakah as dynamo macet atau tidak. Kalau macet, bisa jadi ada kotoran nyelip pada bagian impeller/kipas kuningan atau karatan jika lama tdk dipakai.  
=>bearing pecah/berkarat.
=>Jika as tidak macet periksa capasitor atau telah terjadi konslet/putus  pada gulungan dynamo.
*SUARA POMPA BERISIK=> Ganti bearing/klahar.
*HIDUP NORMAL TAPI TIDAK NYEDOT/MENGHISAP AIR=> tes terlebih dahulu pompa (tanpa pipa) dengan menuangkan air secukupnya di bagian penampung air. Hidupkan lalu tempelkan telapak tangan dg rapat di bagian penyedot. Jika pompa ok akan terasa telapak tangan kita tersedot. Dengan begitu bearti permasalahan ada pada sambungan pipa2 yang bocor. Jika masalahnya pada pompa periksa pak karet pada tutup impeller dan sambungan shock derat pada pangkal penyedot. Jika water sealnya bocor akan terlihat air menetes pada as dibelakang dinding rmh impeller. Intinya pada bagian penghisap tidak boleh terjadi kebocoran se dikitpun, Baik pada mesin ataupun pada instalasi pipa2.











*HIDUP NORMAL TAPI SEDOTAN KURANG KUAT=> Impeller dan tutupnya sudah aus /banyak rompal atau bisa juga ada kotoran besar menyumbat pada bagian penyedot.
*AUTOMATIC PRESSURE SWITCH TIDAK BEKERJA WALAU KRAN SDH DITUTUP DAN TIDAK ADA KEBBOCORAN=> Buka penutup otomatis lalu stel ulang pada baut yg menekan platina. Jika tidak memungkinkan ganti dg yang baru.
* AUTOMATIC PRESSURE SWITCH/POMPA HIDUP/MATI SENDIRI=> Ada kebocoran pada bagian pipa keluar atau kerannya. Jika tidak ada kebocoran, bisa juga lakukan penyetelan pada otomatisnya.
*SELALU MANCING AIR DI PENAMPUNGAN POMPA JIKA HENDAK NYEDOT SUMUR=>  Tidak ada kerusakan pada pompa, valve/kelep didasar sumur tidak ada atau terjadi kebocoran. khusus pada sanyo tabung telah tersedia kelep yang cukup baik dibagian hisap. Kelep ini juga sering kali terjadi kebocoran karena terganjal kotoran atau karena usia. Karenak itu jika digunakan untuk sumur sebaiknya bagian ujung pipa didasar sumur diberi kelep/valve.

                   2.  KIPAS ANGIN
Klik untuk memperbesar

 *MATI TOTAL=>  Jika kabel power, switch selector dan kabel kecil dr switch ke dynamo  telah diyakini OK.  Cek pada kedua kabel yang menuju capasitor dengan multi tester pada posisi X10 atau X100. Jika pada kedua kabel ini masih ada hubungan, hampir dapat dipastikan thermo fuse (sekring panas)yg menempel pada gulungan dynamo putus. Ini bisa dikarenakan as berat putarannya atau macet sehingga dynamo panas berlebihan atau bisa juga dikarenakan gulungan dinamonya konslet. Sering juga terjadi dikarenakan kualitas thermo fuse nya sendiri yang jelek.
 Jika anda tidak ingin membongkar dynamo untuk mengganti thermo fuse anda dapat menyambung langsung  kabel  dynamo yang terhubung langsung dg kabel power listrik/steker (tidak melalui switch) ke salah satu kabel yng tersambung ke capasitor.  Untuk mengetahui kabel yang mana….., anda harus melakukan pengecekan dg tester untuk memastikannya. Ukur kedua kabel yang menuju ke capasitor dg kabel pada low speed. Yang resistansinya paling besar itulah yang kita sambungkan langsung dg kabel power listrik.
Pada merk Maspion untuk kabel dynamo yang langsung ke power listrik adalah yang berwarna putih atau hitam dg strip putih(untuk tipe yg lama). Kabel inilah inputnya thermo fuse, sedangkan output thermo fuse menyambung pada kawat gulungan utama dynamo dan kabel biru. Jadi jika thermo fusenya putus anda dapat melangsungkan kabel  putih kebiru.  Dengan kata lain dynamo tsb tidak ada lagi mengunakan thermo fuse sebagai pengaman (lihat gbr).  Saya sering melakukan hal ini dikarenakan sulitnya mendapatkan thermo fuse yang berkualitas di pasaran atau agen. Seringkali thermo fuse putus sebelum mencapai suhu standardnya atau tidak putus walau dynamo sudah short dan gosong. Tetapi jika ditempat  anda tersedia thermofuse yang berkualitas alangkah baiknya jika digunakan.
Catatan :  pada kipas angin digital gejalanya adalah lampu indicator dan switch digital berfungsi tapi dinamo kipas tidak merespon. Untuk kipas cina jarang meggunakan thermo fuse.
*AS DINAMO MACET=> bersihkan kerak pada as dan bos. Tetesi oli mesin (atau oli msn jahit) secukupnya pada as dan bos, lalu basahi juga kapas pada rumah bos sampai meresap betul. Ini untuk menjaga agar bos tidak cepat panas dan pelumasan pada as tdk cepat mengering. Selain itu cek spelling/jarak maju-mundur pada as dynamo dg bos. Paling tidak as hrs bisa bergerak maju –mundur antara 1-2mm untuk melancarkan pelumasan. Gejala As akan macet dapat dideteksi dengan melemahnya putaran kipas saat high speed, sedang saat low speed kipas tidak mau berputar sedangkan switch selector, capasitor dan gulungan kondisinya ok.
*SAAT DIPUTAR DG TANGAN AS DINAMO TIDAK MACET, TETAPI SAAT DIALIRI LISTRIK PUTARAN AS MENJADI BERAT DAN MACET=> Bos atau As dynamo sudah aus. Paling sering terjadi pada bos. Lakukan penggantian.
*AS DAN GULUNGAN NORMAL TAPI PUTARAN TIDAK KENCANG=> Cek/ganti capasitor, kemungkinan besar kapasitasnya sudah menurun.
*SEMUA NORMAL, PUTARAN KENCANG, SUARA ANGIN DARI KIPAS MENDERU TAPI ANGIN YG TERASA HANYA SEPOI2=> Daun kipas terlalu lembut dan kurang sudut kemiringannya. Biasanya ini sering terjadi pada kipas2 murah buatan cina.
*AS NORMAL TAPI DINAMO TIDAK MAU MUTAR DAN HANYA BERDENGUNG=> Gulungan dynamo putus atau terkadang capasitor short walau jarang terjadi. Cek dengan tester hubungan semua kabel.

Selasa, 18 Oktober 2011

CARA SERVIS DINAMO MESIN CUCI (SEJENIS) SHORT/KONSLET/PUTUS


          Sebelumnya telah kita bahas Cara/trik mengecek dynamo yg short pada mesin cuci/sejenis.  Short pada dynamo paling sering terjadi antara lilitan utama dan starter. Umumnya terjadi pada silang pertemuan/tumpukan kedua lilitan diluar lobang keren. Atau bisa jg terjadi short didalam lobang keren , karena sebagian dynamo tidak diberi sekat penutup antara utama dan starter. Jika hasil pengecekan telah dipastikan bahwa dynamo tsb short, adapun langkah yg akan kita ambil  adalah :
A).  MENGATASI DINAMO SHORT/KONSLET  
*Klik gambar untuk memperbesar
1.      Amati keadaan kawat  dan kertas/plastic mica pada penutup kawat dan sekat antara lilitan utama dan starter (hijau pada gbr). Jika terlihat kawat tampak berubah warna pada satu kutub dibandingkan dg kutub yang lain atau kertas/plastic mika terlihat gosong/menciut pada satu kutub dikarenakan panas yang berlebihan, dapat kita curigai di bagian kutub tersebutlah yang short. Tapi jika shortnya tidak terlalu parah, biasanya  kawat dan mica tampak mulus. Jadi terserah anda untuk memulai kutub mana yg mau dicek terlebih dahulu.

Senin, 03 Oktober 2011

SAMSUNG FLAT BERASAP

Dua hari ini dpt servisan 2 SAMSUNG FLAT dg keluhan sama. mas tv saya berasap keterangan yg punya. Kedua tv menggunakan ic tunggal (maaf lupa typenya) Setelah pengecekan ternyata yg kebakar bagian AFC ( C dr col tr hor (681pf) c filter (4n7) & R 15k) semuanya kebakar kebetulan ada board yg sama jd bsa buat referensi.Setelah penggantian semua komponen yg rusak langsung ok. Tp yg satu lg setelah beberapa menit tv mati lg (protek) wuaduh!! Pengecekanpun d lakukan kembali ternyata komponen semua OK Tegangan reg juga OK yg jd masalah FBT tdk kerja. Pas d coba nyala beberapa tp mati lg. Kecurigaan lngsung tertuju pd tr HOR langsung ganti ternyata OK. ALHAMDULILLAAHPenasaran tr HOR d ukur kembali Ternyata normal, iseng tak tempeli solder setelah beberapa saat langsung putus. OOO..... Ini dia penyebabnya d UKUR normal pas d kasih TEGANGAN (kena panas ) putus.Semoga ada manfaatnya buat semua & SUKSES selalu!!!

PROTEKSI TV HITACHI 2099



KET:
        SUARA NORMAL
        GAMBAR NORMAL
        AV/RF   NORMAR

GEJALA:

    2 MENIT STANBY

SOLUSI;
   buka proteksi utama TR C 3190 PIN q 746

Minggu, 02 Oktober 2011

TV JVC MATOT

Garimin Doghter Tivi

Tadi siang dapat servisan tv JVC typeAV-14FT  menggunakan ic program MN1873287JA1 dan ic kroma NN5198K IC vertikal AN5521 FBTQQ0072-001 040036350JMT STR G5653 .. dengan kerusakan matot/ mati total setelah aku buka ternyata STR nya pecah dan R390hm keadaan putus .. setelah aku ganti semua komponen tersebut tv langsung aku joba . mak beyaak,... tv langsung normal ... wah senenge atiku  di dalam hati .. hehehe.. setelah beberapa menit sekitar setehah jam .. lo.lo.lo. kok mati  setaiby .. wah,wah,wah. ono opo meneh iki rusak e kok mrambat .. tv tak buka lagi . trus saya amati ter nyata ada solderan yg retak .. setelah aku solder ulang .. tv trus aku coba . ternyata hidup lagi  tv terus aku tutup  .. tv terus aku cobalagi beberapa menit . looo kok setainbi maneh   .. loo opone meneh iki seng bermasalah  ,, jek tv saya jabut sebentar  trus saya colok kan lagi tv bisa hidup lagi  beberapa menit tv setaiby lagi .. wah.wah.wah.. opone neh iki  ... tv terus aku buka terus aku coba aku cek semua  teg ter nyata ok .. setelah aku petani ada komponen yg di tempeli pendingi ya iti ic971 =BA51W12ST  saya pegang kok panas  begitu panas nya berlebihan tv terus protek  .. tida pikir panjang ic saya ceplok terus saya ganti,.. tv saya coba normal terus saya reyen sampe 3jam alkhamdulilah  normal .. gk setaiby lagi .. .. asik bayaran  ... semoga ber manfat buat teman2 semua, jngan lupa dengan di irirngi do,a .. salam sukses selalu.?