Selasa, 23 Agustus 2011

SKEMA CARA MENGGULUNG DINAMO KIPAS ANGIN

*Penyambungan kawat pada gulungan starter dilakukan secara SERI (lihat gbr skema). Untuk lebih jelas silahkan klik gambar skemannya






alat gulung sederhana 

CARAMENGGULUNG DINAMO KIPAS ANGIN

 “SEMAKIN BANYAK YANG KITA BISA KERJAKAN MAKA  AKAN SEMAKIN BANYAK PELUANG PEKERJAAN YANG KITA DAPAT”. Menggulung dynamo kipas angin tidaklah serumit memperbaiki tv. Ditinjau dari segi ekonomis atau tarif memang tidaklah terlalu menguntungkan. Tetapi ini hanyalah langkah awal sebagai latihan menggulung dynamo. Jika kita sudah mahir menggulung dynamo kipas angin, menggulung dynamo lain  seperti mesin cuci, pompa air, genset portable, blower outdoor AC bahkan dynamo untuk peralatan industry tidaklah menjadi lebih sulit. Kalau sudah sampai pada tahap ini, bisa jadi hasilnya bisa lebih menjanjikan dibanding perbaikan tv. Mengingat analisa kerusakan yg tidak terlalu sulit serta dapat diprediksi dg pasti lama pengerjaan, modal kerja  serta berapa hasilnnya. Belum lagi kawat2 tembaga bekasnya lumayan bernilai sebagai tabungan disaat saat membutuhkan biaya extra.

keren kipas angin
Disaat menggulung dynamo kipas angin, jika anda melakukannya secara manual, kesabaran,ketrampilan dan daya ingat anda benar2 diuji agar tidak keliru dalam proses penghitungan dan memasukkan kawat ke dalam keren yg dapat menyebabkan dynamo tidak bekerja dg sempurna dan tahan lama. Maklum kawatnya sangat halus dg jumlah yg lumayan banyak.
Disini saya coba berbagi dg rekan2 melalui gambar skema yg saya buat dan upload. Mudah2an jadi lebih mudah  untuk dipahami. Standard diameter kawat dan jumlah lilitan yang saya pakai adalah standar dynamo kipas angin Maspion yg kebanyakan beredar di pasaran. Semoga bermanfaat. Kritik dan saran sangat saya harapkan.


1 set sepul dinamo kipas angin
gulungan yg sudah jadi

CATATAN:
Jumlah lilitan utama bisa ditambah hingga 10% untuk lebih awet dg konsekuensi putaran dynamo sedikit lebih lambat.
Jika terjadi kesalahan pada arah putaran, dapat diatasi dg jalan hanya membalik posisi keren dynamo atau merubah sambungan kopel pada dynamo. Ada baiknya juga kita mengetahui caranya dg jalan melepas sambungan kawat pada pangkal kawat gulungan utama dan medium speed (high speed/1). Lalu memindakan pangkal kawat medium speed keujung kawat gulungan utama yg sebelumnya ke capasitor lalu memindahkan sambungan kabel ke kapasitor pada pangkal kawat gulungan utama.

 Gunakanlah sebilah bambu/kayu yg diraut tipis pada ujungnya untuk membantu mendorong kawat kedalam lobang lobang keren. Lakukanlah dg hati2. Harap perhatikan arah lilitan untuk setiap kutub.




Sekadar nambah referensi untuk kipas cina yg tbl kerennya kira2 hanya 1-1,2Cm, kawat yg digunakan 0,12 dan 0,10mm dg jumlah lilitan berkisar 900 - 1200 lilitan. untuk gulungan medium/low speednya tidak lbh dr 20% dari total lilitan contoh: ...total 1000liitan => medium=200, low=200, starter 600. capasitor 1-1,2uf/400VAC. tp kipas cina jrng bisa awet dipake nonstop, dkarenakan kawat dan keren yg digunakan terlalu kecil/tipis sehingga tidak tahan panas.

120 komentar:

  1. makasih atas penjelasannya.... trus klo misal diketahuiadanya short, bisa ngk diganti lilitan spull di bagian yg short biar ngk banyak tembaga yg terbuang

    BalasHapus
  2. Maksudnya pada dinamo mesin cuci ?. Jawabnya BISA...apabila keadaan kutub2 yg lain masih OK. begitu jg dg yg terbakar. yg penting perhatikan arah (jumlah lilitan yg harus sama) saat penyambungan antara gulungan yg baru dg yg lama. pada sambungan disolder lalu sebaiknya dibungkus dg selongsong kabel.
    Jika short terjadi diluar lobang keren dan kondisi kawat kelihatan tdk mengalami perubahan warna krn panas atau gosong, dapat diatasi hanya dengan memisahkan satu persatu pertemuan/tumpukan antara lilitan utama dan starter sambil di tes dg tester.
    Apabila yg short sdh ditemukan, akan terlihat bagian email kawat yg terkelupas, lapisi bagian yg terkelupas dg sirlak lalu pasang/ganti kertas mika penyekat antara lilitan utama dan starter. setelah itu rapatkan kembali tumpukan lilitan, ikat dan sirlak dg rata. pastikan dan cek kembali dg tester. Jika tidak kemasukan air dari seal pencuci atau pengering yg bocor, dari pengalaman saya 80% kasus seperti ini berhasil dan awet. Jadi anda tidak perlu menggulung sedikitpun.

    BalasHapus
  3. mantap mas artikelnya n sangat membantu..sya krj dbgian elektro motor dsbuah pabrik klpa sawit dbengkel listriknya n yg sya hdpi dinamo 3phase semua, dinamo 1phase jarang dtemui,jd sy kurang phm untk dinamo 1phase.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah jika bermanfaat dan dapat membantu....

    BalasHapus
  5. joss tenan mz artikelnya n tambah pengetahuanku.. mz aku mo tanya berapa ukuran koker untuk gulungan kipas angin maspion maupun produk china n ukuran koker untuk gulungan dinamo pompa air merk national. thnks sebelumnya

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah...,maaf saya kurang paham apa yg mas Saekul hady maksudkan dg ukuran koker pd dinamo. Apa yg di maksud ukuran besar kumparan seperti pada koker trafo ???. kalo ya..., pada dinamo tidak ada ukuran baku/standard untuk besar kumparannya. Umumnya kita memakai ukuran sesuai dg gulungan asli sebelumnya dg jalan mengambil beberapa lembar kawat lama pd gulungan asli lalu dlilitkan pada mal buatan kita agar besarnya tdk jauh berbeda. atau bisa jg dg jalan melilitan kawat pada lobang keren yg akan digulung dg hanya memperkirakan besarnya. Untuk pemula sya sarankan agar dibuat agak sedikit besar agar lebih mudah dalam proses memasukkan kawat. sedikit kebesaran/longgar tidak akan mempengaruhi putaran dinamo. Sedang untuk ukuran kertas/plastik mica isolator pada lobang keren kipas angin/pompa air tebalnya o,2-0,25mm. Semoga jawaban ini sesuai dg apa yg mas Saekul hady maksudkan. tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank. balasannya...ms saya mo tanya, saya pake kawat 0.18mm, setelah saya menggulung ulang ko cepat panas ya,gimana mengatasinya mas? mas tanya lagi klo pake kawat 0.20mm berapa banyak gulungan starter dan runnya mas... thnk

      Hapus
    2. baca jawaban sy untuk pertanyaan anonim pd 6 April 2012 07:50. jika menggunakan kawat 0,20 minimal 600 lilitan/kutub pada run/utama dan starter 0,18 700 lilitan/kutub (sdh termasuk lilitan utk medium dan low speed). tp perkirakan dulu apakah besar lobang kirennya mencukupi. untuk merk maspion, panasonic, sanyo umumnya bisa dilakukan walau agak sulit saat memasukkannya....

      Hapus
    3. thnk mz ulasannya,mz klo kapsitor rusak ato lemah ciri-cirinya gimana, trus pengaruhnya gmn mz pada kipas angin. trims sebelumnya

      Hapus
    4. Ciri2 kerusakan kapasitor : Putaran dinamo lemah/pelan atau tidak kuat start samasekali, tapi apa bila dibantu dg tangan mau muter tapi putarannya tetap lemah. dengan catatan kondisi as dan bosing tidak macet atau koclak. Untuk lebih memastikannya ukur kapasitas pada capasitor tsb dg multitester digital atau esr.

      Hapus
    5. Mau Tanya mas. Kipas angin yang jadi mati total gara gara jatuh dari atas meja sekitar 2 meter lah, itu kemungkinan besar yg rusak apanya ya ? Karna kondisi sambungan kabel masih bagus smua. Thanks sebelumnya

      Hapus
    6. Yakin gak ada kabel yg putus..????. pastikan pake avometer jangan hanya secara visual. terutama kabel steker listrik jika saat jatuh posisinya tertancap di stop kontak. Selain itu tidak tertutup kemungkinan ada kawat lilitan dinamo/motor putus karena ikatan dan penyirlakan yg kurang baik.....maklum kawatnya sendiri sangat halus apalagi jika kawat emailnya berbahan alumunium seperti kebanyakan pada kipas cina....

      Hapus
  7. artikelnya muntap bangets semoga ilmu bapak semakin bertambah dan tidak bosan-bosannya untuk berbagi

    BalasHapus
  8. saya ga paham sama sekali,,,,awam banget soal elektronik gini...kebetulan saya baru rusak kipas angin nya diagnosa nya ada gulungan kipas 2 helai putus,,,pertanyaan nya??? gmn memperbaiki nya yah,,,dan tolong upload video nya saat menggulung kabelnya dong di youtube,,,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumya kita harus mengetahui dulu fungsi kabel2 nya. Pada kipas angin umumnya terdapat 6 kabel. 2 kabel pda AC 0V yg dikopel jd 1 atau melalui thermofuse. 1 berhubungan langsung ke listrik AC 0/220V sedang 1 lg melalui thermofuse ke capasitor. 3 kabel ke switch selector (high/medium/low speed) dan sisa 1 kabel lagi ke capasitor. semua kabel jika di cek dg avo/multi tester dg sklala min 10x atau 100x harus saling berhubungan. cek satu persatu mulai dari AC 0V ke high speed (AC 220V), med, low lalu yg ke capasitor (pelajari dg seksama skema lilitan diatas). dg begitu anda bisa mengetahui posisi yg putus. Cara memperbaikinya ya.. disambung saja dg mengelupas lapisan email pada kawat lalu disolder dan jangan lupa dibungkus dg selongsong kawat/kabel atau minimal pake isolasi/lakban kertas.
      Putusnya kawat email paling sering terjadi pada sambungan antara kawat dan kabel yg tertutup selongsong.
      Semoga dapat membantu.........

      Hapus
  9. Bravo...
    Thank"s banyak sharing ilmunya dan jangan bosan bosan berbagi ilmu...

    _______________________________________________________________________________
    my Blog:
    mitraelectricbinangun.blogspot.com

    BalasHapus
  10. Bravo...
    thank"s sharing ilmuya dan jangan bosan-bosan berbagi ilmu...

    ______________________________________________________________

    my Blog :
    mitraelectricbinangun.blogspot.com

    BalasHapus
  11. Wah oke banget HTE (Hobby Teknis Elektronika)... sangat manfaat.
    ktemu di sini, sy ada masalah dgn mesin cuci 1 tabung (1 dinamo). sdh 4hari mumet,
    persis sblum mati kapasitor dinamo sempat bocor (bunyi tretek tek...)keluar api setiap berputar.
    setelah saya laminating (serlak) tidak lagi bunyi tapi motor jadi gk mau putar waktu mencuci, tapi perasnya normal, trus dinamo panas. kapasitor 16uF/450v seblumnya sempat mati sy ganti 18uF/400v.
    Mohon pencerahan, terimakasih-

    Karsono-
    sri.karsono@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penggantian Capasitor pada dinamo sebaiknya tidak melebihi nilai uF aslinya, karena pasti akan menyebabkan dinamo lebih panas dr sebelumya. Sy pribadi lebih suka memilih yg lebih kecil tapi tidak melebihi dari 2uF. misalkan 16 diaganti dg 14uF/400-450V.
      Jika setelah kapasitor di yakini OK tapi dinamo masih ndak mau muter sedangkan as dinamo diputar dg tangan terasa ringan dan tidak koclak/aus. dapat dipastikan lilitannya sudah short atau konslet (baca cara/trik mengecek dinamo mesin cuci/sejenis). tapi jika saat dihidupkam terdengar suara berdengung/mengerang yg keras dan as dinamo agak bergetar tp tidak mau muter kemungkinan besar masalahnya hanya pada as atau bosnya yg aus. Sehingga saat lilitan dialiri listrik dan terjadi daya maghnet pada kiren as rotor tertarik dan lengket pada kiren. jika keausan pada as atau bos belum terlalu parah dinamo masih bisa muter tapi suaranya terdengar kasar dan cepat panas dikarenakan terjadi gesekan antara rotor dan kiren....

      Hapus
    2. Yesss.. mesin cuci sy sdh fungsi lagi Trims, Tapi baru-2 ini bunyi lagi "tretet..tet.." dr kumparan kambuh dan kluar api, mohon saran lagi.

      Hapus
    3. jika dari kumparan keluar percikan api dapat dipastikan lilitan dinamo short. periksa sambungan kabel dan kawat yg terikat pd lilitan dinamo. jika disitu msh ok. kemungkinan besar lilitan utama dan stater short. untuk mengatasinya baca http://hobbytehkniselektronika.blogspot.com/2011/08/trik-mengecek-dinamo-mesin-cucisejenis.html dan http://hobbytehkniselektronika.blogspot.com/2011/10/cara-servis-dinamo-mesin-cuci-sejenis.html

      Hapus
  12. om tolong masukan gambar mengulung dinamo.. gambar1.seperti apa gambar2. seperti apa dst

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah jika ada waktu dan keadaan memungkinkan......

      Hapus
  13. om masukan gambar cara gulung dong...gambar1 seperti apa gambar2 seperti apa dst

    BalasHapus
  14. bravo...
    thanks mas untuk informasi tentang bagai mana cara menggulung kumparan pada spul kipas angin.... yang mau saya tanyakan langkah2 yang mas arahkan untuk penggulungan dan penyambungan spul kipas angin sudah saya lakukan tetapi kenapa ya mas spul yang saya gulung kok cepat kali panasnya???? tolong dibantu ya mas......

    BalasHapus
    Balasan
    1. berapa lama pengetesan dinamo tsb saat pertama kali di tes..?. Hampir rata2 dinamo kipas angin sekarang setelah melebihi 10 menit pengetesan tanpa baling2nya akan tersa cepat panas kecuali padaa kipas lama yag kirennya tebal, ukuran kawatnya 0,20 keatas dg body dinamo dr alumunium yg cukup tebal memang lebih tahan dan lambat panasnya.
      Cara sederhana pengetesan pertama kali cukup setelah 5 memit anda raba dinamo dg tangan. jika hanya tersa hangat2 berarti dinamo kondisinya normal tapi jika dlm 5 menit pertama pengetesan panasnya ndak ketulungan, kemungkinan besar telah terjadi kesalahan pada penyambungan kawat atau ada salah satu kutub pada med/low terbalik arah lilitannya.
      perika resistansi semua lilitan. terutama pada lilitan utama. jika menggunakan kawat 0,18 dg jumlah 700-750/kumparan paling tidak terukur 280-300 ohm. Sedang jika menggunakan kawat 0,15 dg jumlah 800-900 lilitan minimal 500 ohm. jika kurang dr nilai tsb kemungkinan lilitan anda ada yg short....

      Hapus
  15. thanks info nya...
    kl untuk fan dua arah , skemanya gimana ... dan saya bingung menyambung saklar nya .... thanks banyak


    yayan
    di surabaya

    BalasHapus
  16. Untuk fan dua arah dapat dilihat/pelajari dari "Skema/cara gulungan dinamo mesin cuci"..., Semoga dapat di pahami.

    BalasHapus
  17. thanks bnyak..sngat mmbantu sy yg pmain baru..kl utk skema angker/rotor bor listrik/blender/mixer ..gmn yaaa..kl gak kbratan bagi skemanya dong..mksh sblmny...


    Arganta
    Balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah jika ada waktu akan sy cb gmbrkan skemanya....
      Sbenarnya kunci utama menggulung dinamo apapun jika kita kurang paham adalah saat proses membongkar kita harus hati2 dan rajin mencatat serta memberi tanda. dr mulai jumlah, arah lilitan dsbnya....

      Hapus
    2. iyaa Om..tp wkt sy cb bongkar angker mixer..sy bngung alurnya..krn putus kawat emailnya...! mk drpd itu sy mnt bagi ilmuny ttng gulungan angker..mksh bnyak sblmnya...sy tngg pnjelasannya yaa...tq..!

      Hapus
  18. makasih mas ilmunya juga lam kenal . . .

    BalasHapus
  19. Om..utk yg kipas cina dgn jumlh li2tan yg anda maksud..itu buat lubang yg besar or yg kecil...??? thanks sblmnya atas jwbane...!

    BalasHapus
  20. salam kenal mas...pengen coba gulung dinamo kipas nih tp bingung cara masukin kawat ke kerennya...bisa minta tekniknya supaya kawatnya ga putus???


    andri

    lampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar dan telaten kuncinya. gunakan sebilah bambu atau kayu yg diraut tipis untuk membantu mendorong kawat masuk kedalam celah pd lobang kiren. masukkan/dorong kwt secara bertahap. lakukan dg hati hati. untuk lbh memudahkan, buatlah diameter/besar lilitan agak sedikit longgar.....

      Hapus
  21. mas.. kipas kecil saya kumparannya ada yang terkelupas... saya ga berani nyalakan takut konslet... oia kalo lilitannya diperbesar jadi 0.3mm apa pengaruhnya mas(soalnya kalo terlalu kecil banyak nggulungnya takut lupa)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika yg terkelupas tdk terlalu banyak/parah dapat disirlak ulang. rendam atau kwas dg sirlak lilitan atau bagian yg terkelupas lalu keringkan.
      jika kawat lilitan diperbesar 0,3dgn jumlah lilitan yg jauh lbh sedikit putaran dinamo akan lbh tinggi/cepat tp dinamo akan cepat panas dan tak akan bertahan lama. jumlah lilitan harus tetap sama/mencukupi.

      Hapus
  22. mas kipas angin saya thermostatnya putus waktu saya ingin ganti kabel dan kawat spul semuanya putus... saya urut yang di spul ada 1 kawat tunggal lalu 3 kawat tunggal lalu 2 kawat dan 2 kawat tunggal.. merangkai untuk ke thermosfat ke speed 1,2,3 bagaimana mas ?? di skema kurang jelas karena di kawat spul tidak ada warna ungu, merah , hijau, biru.... mohon bantuannya. TKS

    BalasHapus
  23. Mungkin yg dimaksud Thermofuse (sekring panas) nya yg putus. Kawat yg keluar dari sepul/lilitan pada kipas angin (220V) semuanya ada 8. 2 pada lilitan utama dan 6 pada starter yg disambung seri (2 pada medium speed, 2 pada low dan 2 pada starter). Jika anda kehilangan jejak sambungannya saat pembongkaran, anda harus mengukur resistansi setiap lilitan menggunakan multi tester (avometer) untuk memastikan yg mana starter,low dan medium. Sedangkan yg utama dapat dilihat langsung krn diameternya yg lebih besar dari starter,low dan medium serta berdiri sendiri.
    Sebagai referensi pada kipas merk maspion yg menggunakan kawat 0,18 pada lilitan utama dan 0,15 pada medium,low dan starter. Lilitan utama = 300-400 ohm. Medium/low= 100-120 ohm dan starter = 400-500 ohm. Jika sudah diketahui, untuk penyambungannnya dapat dilihat pada gbr skema. Jika terjadi kesalahan pada penyambungan antara medium speed ke lilitan utama maka putaran akan terbalik. Lihat CATATAN pada posting ini.
    Thermofuse dipasang pada ujung lilitan utama yg berdiri sendiri dan kabel ke capasitor. Sedang input thermofuse langsung ke kabel AC 0/220V.

    BalasHapus
  24. Mas, saya punya vacum cleaner, kalau di hidupkan mengeluarkan percikan api yg besar di antara rotor & arangnya, penyebab dan solusinya gimana ya? sebelumnya terima kasih.

    wan
    teuku_1@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir dapat dipastikan lilitannya di bagian stator atau rotor bermasalah. Solusi satu2nya dililit ulang. jika stator tidaklah terlalu sulit dan menyita waktu mengerjakannya. Tapi jika lilitan pada rotornya, saya sarankan untuk membeli satu set rotor diagen/SC merk vacuum cleaner anda. melilit rotornya sangat perlu hati2 dan sangat menyita waktu.....

      Hapus
    2. terima kasih atas infonya, salam sukses selalu.

      Hapus
  25. thanks banget mas,... postingannya sangat bagus, dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  26. HTE mantap bangt mas.. Jd bsa menggulung ulang sendiri
    ada yg ingin saya tanyakan : bgaimna langkah menggulung ulang rotor blender merk philps yg jumlah alur dan lamel komutator 12? Mau dibuang kan sayang harga bru nya kan mahal. Sekalian gambar bentangan rotor
    saya sudah mencoba menggulung ulang tp slalu tdk smpurna/salah, selesai menggulung saya test amper terlalu tinggi & komutatornya keluar bunga api besar
    thx seblumnya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kunci utama adalah saat pembongkaran. memberi tanda pada konektor/komutator dan lobang dimana harus memulai dan berakhir lilitannya. perlu diperhatikan juga arah lilitan dan tumpukannya. Saya sudah lama sekali tidak pernah melilit rotor bleder/mixer karena cukup menyita waktu dan hasilnya tidak seimbang dg waktu yg terbuang.
      Insya Allah kalo ada waktu dan kesempatan akan sy coba gambarkan bentangan rotornya....

      Hapus
  27. HTE mantap mas
    ada yg mau aq tanyakan mas? Bagaimana cara/skema menggulung ulang rotor blender merek philips yg jumlah alur/komutatornya 12? Sudah saya coba gulung ulang slesai saya test muter tp amper running terlalu besar & keluar bunga api yg yg besa mau dibuang kan sayang? Harganya kn juga mahal? Thanks sebelumnya n salam kenal

    BalasHapus
  28. trima kasih masagus,nambah ilmu...maaf,gimana caranya menentukan diameter gulungan?(bkn diameter kawat)

    BalasHapus
    Balasan
    1. besar/diameter gulungan umumnya diambil dari besar gulungan sebelumnya atau dapat di perkirakan sendiri dg membelitkan kawat dia media kiren yg akan digulung. tidak ada ukuran baku..., yg penting jangan kekecilan karena akan mempersulit saat proses memasukkan kawat. sedikit kedodoran/kebesaran tidak akan berpengaruh pada kinerja dinamo hanya saja pemakaian kawat akan lebih banyak dari yg seharusnya alias boros.....

      Hapus
  29. mas kalau beli alat gulung dan perlengkapan untuk gulung dinamo kipas angin dimana ya? terus kisaran harganya berapaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditoko penjual kawat dinamo umunya ada jual. kalopun nggak ada, anda bisa minta referensi kepada mereka dimana anda dapat membelinya. harganya berkisar 150-200rb.

      Hapus
  30. kalau ada hub saya ya.. di email w4ch_you@yahoo.com

    BalasHapus
  31. mantap,, kebeneran saya ada kipas angin kawatnya pada putus,, setelah saya coba sambung semua, termasuk kapasitornya, ketika di colok ke sumber listrik gak mau langsung muter, setelah beberapa detik baru muter,,,temperatur gulungan sangat tinggi..

    kira-kira kenapa ya kipas saya?????? terimakasih sebelumnya...
    apa salah nyambungin kapasitor ya????

    BalasHapus
  32. bisa jadi ada kekeliruan dalam penyambungan. untuk memastikannya anda harus menggunakan multi tester (AVO meter)dg melakukan pengukuran resistansi pada setiap kumparan. Sebagai garis besar pada lilitan utama diukur dari titik high speed ke titik AC 0/220v paling tidak terukur 300-400ohm (maspion) sedang dari titik high speed hingga ke ujung titik ke kapasitor terukur 500-600ohm.
    Ukur jg pada titik kedua kabel yg ke kapasitor. hasilnya adalah jumlah dari kedua pengukuran sebelumnya 300-400ohm + 500-600ohm = 800-1000ohm. Jika kurang dari situ dapat dipastikan anda telah salah sambung atau antara lilitan utama dan starter terjadi hubungan singkat/short....

    BalasHapus
  33. matur nuwun mas infonya sangat membatu saya,memang ini artikel yang aku cari buat nambah penghasilanku mas ,selama ini aku main elektronik aja sekali lagi ma kasih

    BalasHapus
  34. mas mau tny donk, klo kawat gulungan speed low, medium, starter saling nempel gpp ya krn khan itu masuk ke rumah besinya otomatis nempel juga dgn rumah besinya, maaf mas saya baru bongkar kipas angin kemarin mau coba-coba betulin sendiri, trus kipas angin saya tdk ada thermofusenya cara nambahinnya gmn ya.. kipas angin saya merk miyako

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak apa2, kawat dinamo kan dilapisi email pelindung dan rumah besinya (kiren) dilapisi plastik/kertas mika.
      Thermofuse di pasang langsung pada kabel input AC220/0V dan outnya thermofuse disambung ke spul (ujung lilitan utama)dan kabel untuk kapasitor....

      Hapus
  35. wah....bisa di coba ne.....trims infonnya.....



    http://adhe-edogawa.blogspot.com/

    BalasHapus
  36. infonya dong mas bro,.
    kipas angin merk.panasonic 3 speed sy d rmh rusak, sya coba bngkar sndri ktmu mslhnya yaitu termofuse,.
    yg jadi masalahny : "smua sambungan dr gulungan copot"
    sya udh coba liat gambar tp krng mngrti
    sy tes dng multitster,. 3 pasang pngkal kabel saling konek,.
    yg 2 tdk
    tlng arahannya u/ mnyambung kmbali 8 pngkal kabel yg kluar dr gulungan tsb,..


    trims sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kawat yg keluar dari dinamo kipas angin semuanya 8bh atau 4 pasang. 1 pasang pada lilitan utama yg kwatnya paling besar (0,18-0,20mm)dan sendirian/tunggal. sedang 3 psang lagi (0,15mm) adalah lilitan starter yg terdiri medium,low dan starter yg mana dililit bersamaan. ke-4 pasang lilitan/gulungan ini jika dites pake multitester 1/1 harus nyambung. jika ada yg tidak nyambung berarti lilitan tsb putus (atau coba bersihkan dulu pangkal dan ujung kawat dr lapisan emailnya). Maka anda harus menemukan dulu bagian yg putus tsb jika anda mau memperbaikinya. kalaupun tdk ketemu, anda terpaksa melilit ulang sebagian atau keseluruhannya.
      ukur resistansi ke-3 pasang lilitan pd starter seacara teliti. resistansi yg paling panjang/besar adalah lilitan starter, sedang yg kecil adalh low dan medium. sambung ke-3 lilitan ini secara seri. pada pangkal lilitan medium disambung ke pangkal lilitan utama sebagai high speed, sedangkan ujung pada lilitan starter di sambung kabel ke kapasitor.
      jika putaran dinamo terbalik pindahkan sambungan pangkal kawat medium dari pangkal lilitan utama ke ujung lilitan utama. dimana otomatis kabel yg ke kapasitor dari lilitan utama ikut di pindah jg(tukaran). utk lebih jelas baca ini sambil pelajari gbr skema secara seksama. semoga dapat dipahami

      Hapus
  37. mas mas..
    numpang tanya,, kipas saya ni daya 60 watt.. putarannya 1350 rpm..
    kira-kira jumlah lilitan kumparan bantu sama kumparan utama berapa ya mas...
    hehehehe..
    klu ngelepas dari statorx,, bakal gk bisa balikin soalnya mas hehehe..
    ya menurut perkiraan aj mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. menggunakan kawat 0,18-0,20mm pada kumparan utama dg jumlah 700 lilit/kumparan(kutub). sedang pada kutub bantu 750 lilit/kumparan (kutub) dg kawat 0,15-0,18mm. untuk pembagian speednya sama saja dg gbr skema diatas....

      Hapus
    2. ukuran kawatnya lebih kecil yang kumparan bantu ya mas..
      ane baca-baca kok ukuran yang bantu yang harusnya lebih besar ya mas..
      tpi makasih mas atas infonya..
      salam kenal..
      ^^

      Hapus
    3. Adalah keliru jika pada kipas angin atau dinamo peralatan rumah tangga lainnya kutub bantu/starter kawatnya lebih besar dari pada yang utama....

      Hapus
  38. mas, mo nanya.
    tips mudah cara mengetahui koneksi kabel dynamo kipas gimna ya..?
    maksudnya, dinamo kipas kan ada 5 kabel,
    cara kita mengetahui:
    kabel menuju netral/nol,,
    kabel menuju kapasitor,,
    kabel menuj speed 1, 2, dan 3 ...

    gitu mas, sbelumnya Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Gunakan Multi tester. Ukur resistansi semua kabel yg ada. Resistansi yg terpanjang adalah kabel 0 dan ke kapasitor (kita anggap kabel A dan E).

      - Ukur kabel A dan E dg 3 kabel yg tersisa. Yang terpanjang resistansinya dg A dan E adalah High speed (kabel B).

      - Untuk menentukan yg mana 0 dan ke kapasitor antara A dan E adalah yg resitansi nya lebih pendek dg B adalah 0 (anggap saja A) dan yg lebih panjang ke kapasitor (E).

      - ukur resistansi B dg kedua kabel yg tersisa. resistansi terpendek adalah medium speed dan ke-2 terpendek adalah Low speed.

      Sebagai referensi dibawah ini adalah resistansi antara ke-5 kabel pada kipas angin :
      A-B = 360-400 ohm
      B-C = 100 ohm
      C-D = 100 ohm
      D-E = 350-360 ohm

      Hapus
  39. mas saya mo tanya adakh buku panduan teknik menggulung dinamo?jika ada gmn cara memperolehnya .trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara pasti saya tidak tahu. Tapi sya pernah sekilas membaca judulnya di Gramedia bagian tehnik atau hobby....
      Saya pribadi tidak pernah belajar dari buku, Belajar dari rekan/teman dan bertanya jika tidak paham. Kunci utama adalah kemauan dan praktek. Semakin banyak kita praktek langsung dg sendirinya kita akan semakin cekatan dan akan menemukan sendiri tehnik yg terbaik bagi kita.....

      Hapus
  40. kalo mempercepat putaran kipas eksternal laptop,, gimana ya mas..?
    soalnya kipas eksternal yang dijual sekarang, sama sekali gak ngaruh,,,
    selain itu kan resikonya lebih rendah kalo ngopreknya,, selain lebih murah,,, kalau short pun tidak terlalu berbahaya..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak bisa selain dg jalan menaikan tegangan power suply ke kps external tsb dg adaptor tersendiri dan resikonya tentu saja menjadi tidak awet.....

      Hapus
  41. Salam kenal mas,

    mo tanya,
    untuk kawat gulung standar nya yg ukuran brp ya,
    trus rincian nya gmn?
    Untuk kapacitor yg ukuran brp,

    makasih atas pencerahan nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kipas angin sekarang ini yg bermerk seperti maspion, panasonic, Sanyo rata2 menggunakan kawat 0,18mm pada lilitan utama/runing dan 0,15mm pada starter. dg jumlah bervariasi tergantung tebal kiren. semakin tebal kiren semakin dikit jumlah lilitannya tapi minimal 650-800 lilitan/kutub utama dan 700-900 lilitan/kutub starter. dg kapasitor 1,5uf/400-450V.
      Untuk kipas cina rata2 menggunakan kawat 0,12 dan 0,10mm dg jumlah 900-1200lilitan dan kapasitor 1-1,2uf/400-450V.

      Hapus
  42. Makasih mas.....

    Maaf sebelum nya, maklum baru pemula, blm pernah gulung ndiri,
    baru mo coba2
    mungkin akan lebih banyak lagi saya nanya lain kali,

    salam kompak aja mas.

    BalasHapus
  43. salam kenal, sy saipul dr cirebon
    mas mau nanya, soal arah lilitan pompa air....
    sy liat di internet, arah lilitan itu da yg kekiri n ke kanan...
    sy tanya ma temen ku kata y arah lilitan itu harus sama, lo kekanan ya ke kanan semua, lo kekiri ya kekiri semua...
    mohon penjelasanya, biar sy gak bingung, jd mau praktek seblm praktek bingung duluan heheheee....
    mohon info y, trmksh sblum y mas...
    satu lg, jarak lobang mol asal y tiga(gulungan asal y), di pasang jarak mol empat bisa enggak ya mas?...

    BalasHapus
  44. mas mau nanya, soal arah lilitan pompa air....
    sy liat di internet, arah lilitan itu da yg kekiri n ke kanan...
    sy tanya ma temen ku kata y arah lilitan itu harus sama, lo kekanan ya ke kanan semua, lo kekiri ya kekiri semua...
    mohon penjelasanya, biar sy gak bingung, jd mau praktek seblm praktek bingung duluan heheheee....
    mohon info y, trmksh sblum y mas...
    satu lg, jarak lobang mol asal y tiga(gulungan asal y), di pasang jarak mol empat bisa enggak ya mas?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syarat dinamo bisa mutar minimal harus punya 1 pasang kutub magnit (utara dan selatan). Dinamo pompa air adalah termasuk dinamo putaran tinggi berkisar 2800-3000rpm. makanya hanya mempunyai 1pasang kutub, baik pada lilitan utama atau starter. hanya pada pompa air setiap kutubnya mempunyai 2 - 4 kumparan yg berbeda ukuran namun karena masih pada kutub yg sama maka arah lilitannya dari yg terkecil hingga terbesar tetap sama namun saat pindah kekutub berikutnya arah lilitan yg masuk ke kiren harus kebalikan dari sebelumnya. kalo tetap sama arah lilitannya dapat dipastikan dinamo tidak akan bekerja. Utk lebih jelas pelajari gambar/skema di artikel http://hobbytehkniselektronika.blogspot.com/2011/11/caraskema-menggulung-dinamo-pompa-air.html

      Bisa2 saja jarak lobang yg asalnya 3 di jadiin 4 asal anda dapat membagi jumlah lilitannya agar memungkinkan masuk kedalam lobang kiren karena rata2 pada pompa air 2-3 kumparan terkecil antara lilitan utama dan starter berada dalam 1 lobang (saling tumpuk).

      Hapus
  45. salam kenal dan sukses selalu untuk keluarga ya bang,
    oh ya saya masih belum faham soal jumlah lilitan skema yg diatas,
    sprti cth di atas yang pada
    Ungu: gulungan utama, kwt 0,18mm jumlah 700 lilitan/kumparan (kutub) X4. ??

    itu mksdnya 700 lilitan/kumparan nya ada 4 kali ATAU 700 lilitan/kumparan nya di bagi jadi 4 lilitan yg masing2 700 lilitan/kumparan?

    mhon petunjuknya ya bang mksh seblmnya.
    sukses selalu akan keberkahan ilmunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Total kumparan (kutub) pada lilitan Utama (ungu) ada 4 . masing2 kumparan = 700 lilitan.

      Hapus
    2. mkasih ya bang atas ilmunya, saya sedikit lebih mengerti sekarang. saya mau coba ah, mudah2an saya bisa. mohon do'a nya ya bang.

      Hapus
  46. Salam kenal mas, nama sy bonie. Sy mau tanya, kmrn sy buat dudukan mesin pompa air merk shimizu PS 135 PE agar tdk terendam air yg terbuat dari plat besi. Pompanya sy bw ke tkg kas. Kemudian saat di bengkel las, tukang las nya lgsg nge-las plat buat dudukan pompa tsb pdhl pompa msh terbaut dgn plat dgn alasan agar posisi lobang baut pas saat dipasang. Setelah lbh krg 2 jam sy nyalakan pompa dirumah tp pompa sangat panas hanya dlm wkt 3 menit. Yg mau tanyakan apakah panas pd dinamo pompa td bs disebabkan oleh adanya hubungan lgsg listrik saat nge-las walaupun pompa saat di las tdk dlm keadaan hdp. Sy sgt menghargai bantuan jawaban dari mas HTE, Trim's.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengaruh dari hubungan listrik mesin las ke pompa tidak ada. Tapi jika pengelasan terlalu lama, panas dari proses pengelasan bisa jadi membuat struktur part pompa yg terbuat dr plastik atau karet berubah seperti tutup impeller, pak karetnya, seal rusak/memuai atau pelumasan didalam bearing mencair sehingga menhambat putaran mesin menjadi berat.. coba putar kipas pendingin bagian belakang..., as terasa ringan atau berat..?., jika ringan periksa juga capasitornya.....
      Sebelum dibuatkan dudukan mesin anti banjir, kondisi pompa OK dan belum sempat terendam banjir toh ???

      Hapus
  47. Cara mendeteksi dinamo konslet gimana,apa masih bisa di perbaiki tanpa gulung ulang?kalo beli sirlak biasa di jual dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca artikel " CARA SERVIS DINAMO MESIN CUCI (SEJENIS) SHORT/KONSLET/PUTUS".
      Umumnya sirlak dijual di toko penjual kawat dinamo....

      Hapus
  48. mas bro,, lilitan speednya kog pake kawat 0'15 en sela lilitannya kog cuma 600,. kekuatan putarnya apa gag loyo en gampang panas.. kata guru ane pake kawat 0'18 en sela lilitan 750-800 udah kuat n tahan kayak made in pabrik maspion.,. tolong beri penjelasan agar ane lebih mengerti.. trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada 1 kumparan/kutub utk speednya 150 + 150 + 450 (starter/stator). total 750lilit/kumparan(kutub) X 4 . Standard kawat yg digunakan maspion untuk speed dan statornya adalah 0,15. jika menggunakan 0,18, speed yg di harapkan gak bakalan dapet dg jmlah 150lilit/kutub antara high,medium dam low speed..perbedaan putaran kipasnya tidak akan terlalu beda.
      Untuk kipas maspion tipe sekarang yg tebal kirennya tidak lebih dari 2cm, jumlah lilitan /kumparan berkisar utama=800. speed/stator=150 + 150 + 550.

      Hapus
    2. trima kasih banyak master., biar nnti ane coba pake 0'15,. smoga ilmu master dapat bermanfaat dan mndapat berkah dri tuhan.. ane salut ama kemuliaan n kbaikan master.. salome !!!




      fiu: LA.

      Hapus
  49. bagaimanakah memastikan layak atau tidaknya capasitor
    balass dong
    tk dzikri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ukur kapasitas dan hambatannya pake avometer atau ESR.

      Hapus
  50. mas, saya slamet dr semarang... salam kenal.

    mau tanya mas,
    1. kalo misalnya cuma pakai lilitan 0,2mm aja bisa gk ya???
    2. apakah tidak masalah jika semua lilitan itu nantinya disambung sambung ( misalnya starter itu kan 700 lilitan x 4, aku gulung dulu 700, trus potong, gulung lagi 700, trus potong sampai 4x, kemudian nantinya semua ujung itu disambung, apakah tidak masalah???


    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh2 saja tapi jangan lupa setiap sambungan disolder dan ditutup isolasi atau sebaiknya dg selongsong kabel....

      Hapus
  51. mas klo gulung kipas maspion 16 inch yang utama pake kawat 0.18 mm 800 lilitan, trus yang speed pake kawat yang sama 0.18 mm 150 + 150 + 550 lilitan. pengaruhnya gmn mas. apakah ada masalah nantinya mas. trims jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak masalah, tapi utk speednya gak dapet/pas. tambahkan 30% jumlah lilitan pada medium dan low...sekitar 200 + 200 + 400.

      Hapus
  52. mas mau tanya apakah disetiap kipas angin menggunakan thermofuse?

    BalasHapus
  53. Mas kalau bisa, masukin postingan cara menggulung angker mesin bor,gerenda atau blender lengkap dengan gambar!saya pengin banget belajar nggulung angker.makasih sebelumnya

    BalasHapus
  54. punya skema gulungan rotor bor tangan nda mas..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf mas...belum punya. saya masih kesulitan menterjemahkan dalam bentuk skema/gambar. apalgi waktu luang sangat terbatas. Mohon maklum...

      Hapus
  55. Jos.banget bos.saya mash awam,&saya mash blum jelas dgn artikel smua diats,
    o ya.bos.saya mau nyervis kips angin sendiri,
    Tp saya buka.smua langsung bubar,saya liat email spulnya msh blum brubah,tp smua putus,
    Gmana cara mengecekpake mlttester biasa, menentukan kutub2 sambungan antara.1,2&3,&untk smua sambunganya,
    Tolong pnjelasannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ukur ujung dan pangkal lilitan pake avo/mltitester skala X1. pada kawat yg kecil (kumparan medium/low/starter) yg hambatan/resistansinya paling kecil adalah low dan medium. sedang yg hambatannya terbesar adalah starter. sedang lilitan utama kawatnya lebih besar.
      Penyambungan pada kumparan medium/low/starter dilakukan secara seri (lihat skema/gbr)....

      Hapus
  56. Jos.banget bos.saya mash awam,&saya mash blum jelas dgn artikel smua diats,
    o ya.bos.saya mau nyervis kips angin sendiri,
    Tp saya buka.smua langsung bubar,saya liat email spulnya msh blum brubah,tp smua putus,
    Gmana cara mengecekpake mlttester biasa, menentukan kutub2 sambungan antara.1,2&3,&untk smua sambunganya,
    Tolong pnjelasannya..

    BalasHapus
  57. Blog sangat bagus,.. Terima kasih sebelumnya
    Saat ini saya mau belajar gulung spul kipas angin ( pertama kalinya ) ...
    tapi setelah di teliti kerennya lubangnya ada 24 jadi tidak sama dgn yang di jelaskan di atas
    merek kipasnya Yundai lebih besar kerennya
    mohon petunjuk bagaimana cara kumparan kutubnya ...
    terima kasih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada 2 macam jenis yg sering saya jumpai. Kumparan Utama hanya 1 x 4kutub dan starter 2 kumparan/kutub X 4. jadi tidak ada kumparan yg saling menumpang. Satunya lagi antara starter dan utama sama2 2kumparan/kutub X 4. pada lilitan terkecil antara starter dan utama ditempatkan pada 1 lobang/parit. Untuk jumlah lilitan yg lebih pasti anda dapat menghitung sendiri jumlah lilitan/kutub. Pada lilitan starter,low,medium pewrbandingnya adalah 60% starter, 20% low dan 20% medium dari total jumlah lilitan/kutub.

      Hapus
  58. Mas kalo liat skema diatas. jika kabel/ kawat yg dari kapasitor ke kumparan putus (garis biru), harusnya kipas masih bisa jalan yah jika menggunakan speed 1? speed 1 kan hanya melewati kumparan utama saja? ato gimana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa muter/jalan tapi harus diengkol/dibantu dg tangan dan arah putaran bisa bolak balik tergantung arah engkolan.....itupun tidak bertenaga jika diberi beban daun kipasnya... :)

      Hapus
  59. Slamat siang mas.. mo nanya nih. kipas angin punya saya rusak. klo di tancepin ke listrik cuman bunyi dengung doang. stelah saya cek tyt thermofusenya mati. apakah ngaruhnya memang sperti ini mas? kmudian apakah baik-baik saja jika kipas tsb saya gunakan tanpa thermofuse?? sebab saya males kluar rumah cuman untuk beli mahluk skecil itu. martur nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika thermofuse mati/putus..., Kipas tidak mungkin berdengung akan tetatapi mati total. karena arus listrik sebelum masuk kelilitan melalui thermofuse dulu....
      Jika hanya berdengung kemungkinannya adalah As rotor macet, kapasitor jebol, lilitan starter putus......

      Hapus
  60. saya gulung kipas dg tebal kern 1.5 cm.
    lilitan Utama 900 lilitan, Lilit Starting 700 lilit, Lilitan Medium dan Low masing2 150 lilit
    semua menggunakan kawat 0,12,
    apakah tidak cepat panas nantinya?? Mohon infonya, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umumnya dg jumlah dan diameter kawat seperti yg anda sebutkan banyak digunakan pada kipas produk cina. Jika beban daun kipas yg digunakan sepadan, as rotor lancar tidak macet ataupun aus, proses penyambungan lilitan benar....Insya Allah aman2 saja......

      Hapus
  61. huh..! tidak jg di jawab pertanyaanku

    BalasHapus
  62. mas,,bisa minta tolong,,??? bantu saya skema dinamo kipas angin 24 parit,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah jika ada waktu akan buatkan dan saya upload......

      Hapus
  63. mas biasanya yg kita lihatkan dinamo kipas angin yg kerennya 16 paret,kipas angin ku rusak maunya sih coba belajar gulung sih,tetapi bingung juga mas! karena dinamo ku yg rusak/terbakar kerennya 24paret! bisa mas tolong imfo kan ber!apa jumlah gulungan starter dan speednya? kalau bisa imfokan juga sketsa alur spullnya! sebelumnya terima kasih ya mas

    BalasHapus
  64. mas rasanya jadi bingunglah karena dynamo kipas angin yg ku lihat kerennya 16 paret, sementara dinamo kipas yg mau ku coba pelajari kerennya memiliki 24paret,jadi hanya mas lah yg bisa bantu kebingungan ini mas tolong dong bagikan imfonya kalau yang kerennya punya 24 paret berapa gulungan starternya dan speeednya juga,kalau boleh tolong imfokan juga sketsanya mas. sebelumnya terima kasih ya mas.

    BalasHapus
  65. mas minta tolong banget bagikan imfonya cara gulung dynamo kipas angin yg kerennya 24 paret karena selama ini yg kita tahu hanya 16 paret jadi bjngung dan tak ngertilah mas,sebelumnya makasih ya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prinsip dasarnya sama saja...., baca komen saya sebelum ini utk sdr. budiaman 21 sept 2013......jika ada waktu nanti saya buatkan/upload skemanya......

      Hapus