Follow by Email

Minggu, 24 Juni 2012

CARA/FOTO PROSES TAHAPAN MENGGULUNG DINAMO KIPAS ANGIN

Langkah awal adalah  membongkar kawat dinamo. Potong  semua tali pengikat lalu potong pada 1 sisi kawat2 dinamonya. Keluarkan/tarik kawat dg tang.

Persiapan alat dan bahan untuk menggulung. Yang tidak nampak pada foto adalah tali pengikat dan lakban kertas.

Potong plastik/kertas mika sesuai ukura pada lobang kiren. Lipat kedua ujung potongan mika yang akan diselipkan kelobang kiren.agar plastik mika tidak bisa bergeser. Jika tidak membuat lipatan tetesilah antara mika dan kiren dg lem super/super glue. Jika kondisi plastik/kertas mika yg lama masih baik, Hal ini tidak perlu dilakukan.

Ambil beberapa lembar kawat bekas dinamo yg sudah dipotong. Lilitkan pada mal penggulung sebagai patokan/mal untuk besar liltannya

Mulailah melakukan proses penggulungan. Jika tidak ada mesinnya,dapat dilakukan  secara manual dg tangan. Tapi harap diingat-ingat betul jumlah lilitannya. Lakukan penggulungan langsung untuk keempat kutubnya tanpa  terputus. Ikat lilitan yg sudah cukup jumlahnya dg lakban kertas.atau isolasi tipis

 Masukkan kawat kedalam kiren  secara hati2 dg dibantu kayu/bambu/atau plastik yg diraut tipis pada ujungnya untuk membantu mendorong kawat kedalam lobang kiren

Jika semua kawat sudah masuk kedalam lobang kiren. Tutup lobang kiren dg potongan krtas/plastik mika

Masukkan lilitan/kutub kedua berlawanan arah lilitannya. Nampak pada gambar kutub pertama (kiri) arah lilitannya berlawanan dg jarum jam. Sedang kutub kedua searah jarum jam.

Keempat kutub utama yg telah dimasukan kedalam kiren

1 set lilitan starter yg terdiri dari @ 4bh lilitan medium, low speed dan starter. Beri tanda pada pangkal dan ujungnya kawat untuk mempermudah proses  penyambungan nanti

2 bh lilitan starter yg sdh dimasukkan kedalam kiren

Keempat lilitan starter yg sdh masuk lalu disusul 2 lilitan medium speed

Lilitan Utama dan Starter,medium,low speed yg sudah siap.

Pangkal dan ujung kawat yg telah diberi tanda sebelumnya

Penyambungan antara pangkal dan ujung lilitan medium/low speed dan starter dilakukan secara seri. Untuk lbh jelasnya lihat "Skema cara menggulung dinamo kipas angin"

Kupas ujung2 kawat yg telah disambung dg jalan membakarnya sekilas dg korekapi ...,lalu sambungkan kekabel dan di solder lalu tutup degan selongsong kabel

Proses selanjutnya adalah  melakukan pengikatan pada kabel2 dan kawat2 dinamo

Lakukan penyirlakan dg kwas kecil secara merata hingga meresap kedalam lilitan

Lilitantel ah siap dites

Pasang lilitan  yg telah siap pada kesing/rmh dinamo


Saat pengetesan 5 menit pertama, raba dinamo dg tangan..., jika  hanya terasa hangat lalu di menit brikutnya mulai terasa panas (s/d 10 menit) tapi msh mampu ditahan kulit tangan kita.., Berarti Dinamo OK dan Insya Allah tahan lama. Tapi jika di 5menit pertama pengetesan panas dinamo sdh ndak ketulungan dan tercium bau sangit, berarti ada kesalahan saat proses penggulungan (terkelupasnya kawat lalu short) atau keliru dalam penyambungan kawat.

Saat pengetesan, lakukan jg pengetesan pada putaran dinamo, jika putaranterasa lemah..periksa capasitornya

Dinamo Telah siap dipasang dan digunakan  


Semoga ganbar2 diatas dapat lebih mempermudah anda yg berminat belajar menggulung dinamo. Menggulung dinamo kipas angin hanyalah langkah awal dlm proses belajar menggulung dinamo lainnya. Jika anda berhasil...,mengulung dinamo lainnya yg lebih besar atau untuk industri akan lebih mudah bagi anda untuk memahaminya.
Semoga Sukses..........

80 komentar:

  1. Mantap Bro...he he..biarpun sekarang banyak dijual toko2, tapi ilmunya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Kin electronic...
      ini hanya untuk proses belajar, hasilnya secara materi pun tidak seimbang dg waktu yg terbuang (2-3 jam kalo sdh mahir dan pake alat bantu). tp lumayan jikalau untuk pengisi waktu luang atau saat mati lampu...hehehe.
      Yg dijual dipasaran rata2 kawatnya dr alumunium. soal keawetan dlm pemakaian, lilitan sendiri dg kwt tembaga... berani diadu nonstop dg yg dipasaran....

      Hapus
  2. Apa Beda Gulungan dinamo KIpas angin Dng Gulungan dinamo Mesin Air mas....??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dinamo Kipas angin mempunyai 2 pasang kutub (4 kutub) pada lilitan utama dan starter yg berarti Rpmnya sekitar 1400-1500.
      Sedang pompa air mempunyai 1 pasang kutub (putaran tinggi) dg rpm 2800-3000.
      Selebihnya secara kasat mata anda pasti bisa membedakannya...

      Hapus
    2. mas boleh minta bantuanya soal memperbaiki raket nyamul dan lampu hemet energi ndak ( untuk instalasinya)

      Hapus
  3. Terima kasih banget,banyak amal banyak rejeki.

    BalasHapus
  4. Terima kasih banget,banyak amal banyak rejeki.

    BalasHapus
  5. bisa kursus nggak, saya dilampung. kalau main kepalembang di bukit besar.... atau ada tempaat khusus pendidikan dinamo gak di Palembang....?

    BalasHapus
  6. Saya tidak tahu kalo ada tempat khusus pendidikan dinamo di Palembang. Jika ingin berkunjung silahkan mampir di bengkel Saya "Emil electro Services" Jl. R.E. Martadinata (arah PUSRI) sebelah gerbang perum PHDM XII.
    Sesungguhnya jika ada kemauan ndak terlalu sulit menggulung dinamo. Apalgi kalo sudah berhasil menggulung kipas angin. Dinamo yg besar2 dari pompa air, msn cuci, dinamo industri 3phase atau lainya akan menjadi lebih mudah. Kuncinya telaten..,rajin mencatat setiap kali menemui jenis dinamo baru dan banyak latihan. Insya Allah tidak perlu waktu lama untuk terampil/pandai menggulung dinamo.....

    BalasHapus
  7. mas dimana saya mendapatkan spul dan perlengkapan untuk menggulung dinamo kipas angin??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau anda di DKI jakarta sya tidak tahu..., mungkin Glodok bisa jadi acuan..........

      Hapus
  8. mas kalau saklar pompa air kita On-kan tiba tiba listrik dirumah kita balik/jeplak itu penyebab nya apa ya mas ? sebelumnya saya ucapkan terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama dikarenakan lilitan dinamo sudah short/konslet, kedua dikarenakan As dinamo macet sedangkan daya listrik yg terpasang kecil (2A) bisa jg menyebabkan mcb jeplak/turun.

      Hapus
  9. artikelnya sangat bermanfaat,kl boleh usul...sepertinya lebih bagus kl videonya bisa di upload di you tube

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas saranya. Insya Allah jika ada waktu dan kesempatan.....

      Hapus
  10. Mas, mau tanya ni.... saya punya kipas angin katsu 24 alur, 3 speed. Krn rusak terbakar, saya pingin coba melilit ulang. Tp penempatan dan penyambungan lilitanya saya belum paham klo untuk yang 24 alur. Yang saya tahu 16 alur. Mohon bantuannya,,,,,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada prinsipnya sama saja dg yg 16 akur. Hanya pada 24 alur 1 kutubnya terdiri dari 2 kumparan besar dan kecil dimana untuk yang kecil antara lilitan utama dan starter berada didalam 1 alur. Utk lebih jelasnya bisa dilihat pada skema gulungan dinamo mesin cuci utk penempatan lilitannya. sedang untuk penyambungan lihat skema gulungan dinamo kipas angin....

      Hapus
  11. Mas, saya sudah melihat gulungan dinamo mesin cuci. Tp untuk speed 2 dan 3 nya di sambung dimana ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. speed 2dan 3 disaambung seri dg lilitan starter. LIhat "Skema/Cara Menggulung Dinamo Kipas Angin", http://hobbytehkniselektronika.blogspot.com/2011/08/cara-menggulung-dinamo-kipas-angin.html

      Hapus
  12. Trimakasih mas, atas bantuannya. Alhamdulilah, kipas saya sudah banyak yang hidup. Ini tinggal 6 unit lg. Tanya sekali lagi mas, kenapa y lilitan yang terbakar slalu di sertai capacitor meletus. Apa nilai capacitornya yg sudah menurun, atau kurang besar/ kecil? Padahal bawaan pabrikan. Apa faktor usia juga y...? Makanya gulungan yang baru ini sy kurang yakin dg ketahanannya, krn kipas sy di butuhkan 24 jam. Maaf klo bnyk omong, tp ini
    rasa keingin taun sy. Krn sudah sering ku serviskan d tukang dinamo, g pernah awet. Makanya kali ini sy cb sendiri. Oke, salam kenal, lutfi arghobi, pekanbaru- riau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang paling sering terjadi adalah kapasitornya dulu yang bermasalah dg gejala putaran semakin lemah. Tapi karena user tidak menyadari dan kipas terus dipaksa bekerja..., akhirnya berakibat gulungan panas lalu terbakar. Jika menggunakan thermofuse dan masih bekerja secara normal seharusnya thermofusenya putus sebelum gulungan dinamo sempat terbakar....

      Hapus
  13. halo mas.. sy mau tanya ni, kmrn sy dimintain tlh sm ibu2 tetangga buat betulin kipasnya gk mau muter, pas sy jumper tetap gk bisa mutar, kerusakannya apanya ya mas?? apa msh bs dibetulin??
    terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek semua kabel dg multi tester (avometer) di posisi X10 atau x100. semua kabel harus saling terhubung. jika salah 1 kabel ada yg tidak terhubung berarti ada bagian gulungan yg putus dan paling sering terjadi pada sambungan kabel dg kawat dinamo yg terbungkus selongsong kabel...tapi tdk tertutup kemugkinan putus ditengah atau didalam gulungan krn cacat dari pabrik atau dikarenakan short antara starter dan utama (runing).

      Hapus
    2. Mantaf info dan imunya lam kenal.

      Hapus
  14. minta gmbr langkah gulung pompa air

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada prinsip dasarnya sama saja. Hanya pada pompa air terdiri dari 1 pasang kutub pada utama dan starter dg beberapa ukuran kumparan pada setiap kutubnya. Sedang pada kipas angin terdiri dari 2 pasang kutub dan hanya 1 kumparan/kutubnya....

      Hapus
  15. salam kenal, saipul dari cirebon
    mau nanya, mas... kalau jarak lobang kumparan pompa air kan ada yg 3 n 5... saya pasang jarak 4 bisa gak ya mas?...
    trmksh sblumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja selagi lobang pada kiren memungkinkan. lakukan pembagian jumlah lilitan dari yg terkecil hingga yg terbesar secara akurat agar dapat muat didalam lobang. Jika lobang kiren pas2an besarnya..., akan jadi kendala tersendiri dalam pembagian dan perobahan jumlah lilitan utk setiap kumparannya....

      Hapus
  16. artikelnya maangtaab..banyak amal bnyk rizki...blh di coba nich...

    BalasHapus
  17. bos, kipas angin saya ada suara dengung tp tidak mau berputar. itu masalahnya dari mana ya..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan as tidak macet, capasitor OK. jika kedua ini ok, berarti masalahnya di lilitan dinamo yg short atau putus...

      Hapus
  18. Sob, saya pengen belajar yang lebih jelas lagi.
    kan ada 12 gulungan lilitan itu masing2 berapa jumlah lilitannya?
    terus berapa luas diameternya?
    satu lagi, cara memutusnya ujung lilitan untuk menentukan setiap ujung titiknya, bukannya lilitan tsb saling berhubungan?

    BalasHapus
  19. Total semua ada 16. lilitan utama=4. starter/stator=12 yg terdiri dari starter=4, low=4 dan medium speed=4.
    LIhat/baca http://hobbytehkniselektronika.blogspot.com/2011/08/cara-menggulung-dinamo-kipas-angin.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih ya bang, atas ilmunya. terus terang saya salut sama abang, karna udah mau berbagi ilmu kepada orang yang mau belajar. semoga semua ilmu yg di berikan bermanfaat dan mendapat keberkahan dan kesuksesan untk kita semua. amin.

      Hapus
  20. wow keren infonya..dan sangat berguna sekali..untuk kita semua.. salam kenal http://audiooke.com

    BalasHapus
  21. untuk langkah kosentrik dan spiral apa mempengaruhi kinerja dinamo gak mas???

    BalasHapus
  22. BOS... SAYA DARI PEKANBARU.. SAYA PAKAI MOTOR AC KRISBOW UNTUK PENGANGKAT BARANG, HANYA BISA TURUN GAK BISA NAIK, APA MASALAHNYA BOSS

    BalasHapus
  23. Yang pasti kerusakan bukan pada motornya. jika proses naik/turun dilakukan dg jalan merobah arah putaran dinamo maka kemungkinan besar kerusakan pada switch control atau kabel2nya.

    BalasHapus
  24. maaf bang saya mau numpang tanya ... klo gulung dinamo pompan air itu jumlah kawatnya ada brapa ya.. soalnya kemaren saya bongkar jumlah lilitanya itunganya salah bang... maaf ya sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lain merk, lain tipe, lain ukuran kiren lain pula dalam setiap jumlah lilitannya. Jika anda menyertakan merk atau lebih pastinya ukuran ketebalan serta jumlah lobang kiren dan diameter rotor mungkin saya dapat memberikan referensi....

      Hapus
  25. ass. SALAM KENAL mas saya mau tanya...
    saya mempunyai kipas angin meja ukrn 9" mati total
    bagaimana cara memperbaikinya
    terimah kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca artikel "KERUSAKAN + SERVIS PERKAKAS RUMAH TANGGA (PART 1)".

      Hapus
    2. Terima kasih pak atas ilmunya.. kipas meja saya sudah bisa di pakai....
      ada lg pak yang mw saya tanyakan? Saya baru mencoba menggulung dinamo secara manual dengan lilitan utama 650 lilitan x4
      Medium, low 150,150 x4
      Dan starter 400 lilitan.
      Yg ingin saya tanyakan ... speed medium dan low lemah sekali putarannya. Dan dinamo terasa panas... apa yang salah dalam pengerjaan saya
      Mohon bantuannya.. . Terima kasih pak

      Hapus
    3. Jika kapasitornya masih ok, ada kemungkinan anda keliru saat proses penyambungan kawat2nya. Cek resistansi setiap lilitan dg avometer. Jika anda menggunakan kawat 0,18 dan 0,15mm. maka pd lilitan utama (0,18mm) resistansinya kira2 300 ohm. sedang pada starter dr high speed ke medium = <> 100 ohm, medium-low = <> 100ohm dan low-kapasitor = <> 300 ohm. TOTAL high-kapasitor = <> 500 ohm...

      Hapus
  26. gan...saya mau tanya tentang peyambungannjya ja...letak2 kabel dan penyambungannya di trafo..baik dari kabel yang 4 itu (kipas 3 kecepatan) maupun sambungan dengan kapasitornya...soalnya sempat putus sambungan kabel di trafonya dan tidak tau letak penyambungannya,,thanks gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca artikel "CARA/SKEMA MENGGULUNG DINAMO KIPAS ANGIN". Utk lebih memastikannya gunakan avometer utk setiap koneksi kawatnya.

      Hapus
  27. SALAM KENAL MAS. SAYA MAU TANYA BIAYA/MODAL BUAT GULUNG DYNAMO KIPAS ANGIN YG PALING BESAR KIRA-KIRA HABIS BERAPA.

    SOALNYA DITEMPAT SAYA DAH TERSEDIA YG SIAP PAKAI . HARGANYA. 40-60 RIBU.KALAU MEMANG NILAINYA LEBIH EKONOMIS SY MAU GULUNG SENDIRI.

    SEBELUMNYA MAKASIH ATAS JAWABANYA...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika utk komersialisasi terutama utk kipas made in China jelas tidak menguntungkan. Dinamo yg dujual dipasaran seharga 40-60rb kawatnya berbahan alumunium makanya harganya sangat murah. tapi dinamo yg dijual dipasran akan sulit diaplikasikan utk kipas bermerk seperti panasonic, sanyo ataupun maspion. belum lagi masalah keawetan..., dinamo kipas yg dipasaran jarang sekali bisa awet jika digeber seharian dlm tempo lama. maklum dg kawat 0,10 dan 0,12mm, kiren yg kecil dan tipis serta kawat berbahan alumunium jelas tdk akan tahan panas. .bisa anda bandingkan materialnya dg kipas2 bermerk seperti yg sy sebutkan diatas.
      Modal buat gulung total kipas berkisar 30-35rb dan waktu pengerjaan dg alat bantu tdk lbh dr 3jam. Saya pribadi hanya mengerjakannya jika waktu senggang dan hanya sebagai sampingan dg tarif gulung 80-100rb utk kipas bermerk.Itupun jika anda sdh benar2 memahami karakter dinamo kipas anda tidak harus selalu menggulung total, sehingga dapat lebih menhemat bahan/kawat dan waktu. sedang kipas china biasanya sy sarankan yg punya utk beli baru saja......
      Utk pemula menggulung kipas angin hanyalah sebagai tahapan belajar dan latihan, jika sudah mahir/terampil, menngulung dinamo jenis lain yg berekonomis tinggi tidaklah akan menjadi lebih sulit.....

      Hapus
  28. Numpang tanya mas, bagaimana caranya untuk merubah dinamo kipas angin supaya jadi kencang, terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ketebalan dan besar lobang utk lilitan di kiren memungkinkan bisa saja dg memperbesar diameter kawat lilitan dan sedikit mengurangi jumlah lilitan utama dan menambah jumlah lilitan pada starter (tidak lebih dr 10%). Atau yg lebih simple dg memperbesar kapasitas kapasitor yg digunakan misalkan dari 1,5uf ke 2uf tapi dg konsekuensi dinamo akan lebih panas yg otomatis dapat mengurangi keawetannya.....

      Hapus
  29. Salam knal mas,postingan yang sangat membantu ....jadi tambah ilmu....http://nanoservs.blogspot.com( kalo berkenan tuker link mas)thanks...

    BalasHapus
  30. mas, saya slamet dari semarang.

    kalo boleh tahu untuk kipas angin tornado ukuran 18 inci kira kira jumlah lilitannya berapa ya????

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya anda hitung sendiri jumlahnya dari bongkaran motor yg akan anda lilit ulang. Karena beda type dan karakter kiren beda pula jumlah lilitan dan besar kawatnmya....

      Hapus
  31. Pada gambar Skema Cara Menggulung Dinamo Kipas Angin untuk pemasangan pengaman/sekring dimana ya n berapa amp, thks

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada titik AC 220/0V yg langsung dari kabel listrik ke kapasitor dan lilitan utama...., 0,5-1A sdh cukup.......

      Hapus
  32. Mas saya mau tanya,,,,???
    Rumus yang pasti untuk menggulung motor 1 phase ada gak,contohya kipas angin,mesin cuci,pompa air dll...
    umumnya kita menggulung ulang motor yang rusak dengan melihat patokan motor yg rusak itu,contohnya berapa jumlah lilitan...
    saya ingin rumus yang pasti,agar kita bener bener yakin bakal awat motor yang kita gulung ulang itu.
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sekali saya gak pernah meggunakan rumus dalam menggulung motor 1 atau 3 phase. maklum gak pernah makan bangku sekolah,...hehehe
      Jika lilitan masih asli pabrikan, saya tidak meragukan kebenarannya. karena sebelum go industri pasti telah diperhitungkan secara matang dan akurat..kalo dapet yang sudah tidak asli lagi dan meragukan,... catatan dari lilitan motor2 pabrikan yg pernah dikerjakan saya jadikan referensi dan diaplikasikan hanya dengan mengukur ketebalan kiren, diameter rotor dan capasitor yg digunakan....dengan begitu dapat diketahui berapa jumlah lilitan dan diameter kawatnya......
      Hanya pengalaman yg jadi patokan dan guru terbaik bagi saya.....

      Hapus
  33. mau nanya mas,...kalo kawat email yg di jual di pasaran,ada brapa macam sih,maksud saya kwalitas nya,..?...trus kalo ada,merk apa yg bagus,..?dan adakah pengaruh kwalitas email terhadap ke awetan kipas angin,.?...trimaksih bnyk mas,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang paling sering sy gunakan merk suppreme dg kualitas standard dan paling banyak digunakan. Utk kebutuhan khusus merk yunani (begitu orang toko menyebutnya...hehehe) adalah kualitas terbaik dimana emailnya lebih tahan panas dan kawatnya lebih lentur. kualitas kawat tentu saja ada pengaruhnya. tapi utk merk supreme sdah memenuhi standard kualitas dan paling populer .....

      Hapus
  34. om, kalau untuk stator kipas angin. umumnya total panjang tembaga yang diperluin berapa meter ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh...nggak pernah ngukur pake meteran dian...., yg ada jg total lilitan dan berapa berat (ons) kawat yg dibutuhkan....

      Hapus
  35. salam kenal kak..aq jg di palembang nih..klo di palembang untuk beli bahan2 perlengkapan utk gulung dinamo ini dimana ya..ditunggu jawabannya..thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di daerah kuto atau dekat dika/pasar burung (toko sinar). Dijalan mesjid lama juga ada tapi saya tidak terlalu perhatian dg nama tokonya....

      Hapus
  36. Mas minta bantu/saran mengenai nilai micro frt capasitor! jika melebihi nilai kebutuhan nya apa akibatnya
    Misal aslinya 3 micro frt di ganti 4.5 micro frt?
    Matur swun sblm nya trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Putaran mungkin lebih tinggi, tapi Dinamo/motor lebih cepat panas.....

      Hapus
  37. Mantep... luar biasa.. terima kasih sudah berbagi ilmu yg aplikatif dengan cukup lengkap dan gamblang...

    Tanya pak, diluar topik
    barangkali tau cara pasang impeller pompa air (kasus sy pompa air merk Shimizu 130bit)yang aman dan mudah.. sebab sy sudah bongkar pompa air untuk ganti bearing dan mekanikal seal tapi mengalami kesulitan untuk masang impellernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pasang impellernya tidaklah sulit. yang sulit bongkarnya...apalagi jika sudah karatan permanen :). Kondisi normal tinggal ungkit kedua sisi impeler dg obeng min secara bersamaan. tapi jika sudah karatan permanen...yaa terpalsa sedikit maen kasar/ketok2 sambil dibantu wd-4 dan sedikit pelumasan :D

      Hapus
  38. itu semua ujung gulungannya nyambungnya gmana sob?
    Satu gulungan ada 2 ujung kan?
    Itu ada 8 gulungan = jadi 16 ujung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada utama ada 4 gulungan/kumparan (kutub) tunggal yg tidak terputus dari gulungan ke 1-4. jadi hanya ada 2 keluarnya (pangkal dan ujung).
      Sedang pada starter jg ada 4 gulungan yg berisi 3 jenis kumparan (medium/low/starter), sehingga keluarnya 6 (3 pangkal dan 3 ujung).
      Kalopun waktu gulung kesulitan dan harus terputus proses penyambungan dilakukan secara seri. utk lebih jelas lihat gbr skema cara menggulung dinamo kipas angin...

      Hapus
  39. Om saya mau tanya ne mau gulung ulang dinamo kipas angin 24 lubang 3 speed 1 kutubnya kan ada 2 spull besar dan kecil itu untuk kumparan utama atau yang bantu om giamana ya,trus untuk ukuran kawat dan isi lilitannya berapa ya mhon infonya

    BalasHapus
  40. om mau tanya ne klo gulung kipas angin yang 24 lubang 3 speed gimana y untuk ukuran tembaga dan isi lilitan speednya,,trus 1 spullnya kan ada 2 yang ukran besar & kecil itu ada di kmparan utama atau yang kmparan bantu mohon infonya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh... banyak macem tipe kipas angin yg 24 lobang yang jumlah lilitan dan kawat yg digunakan pun ada yg beda. jadi yg terbaik adalah anda hitung sendiri jumlah lililitan dan ukur diameter kawatnya.....untuk caran menggulungnya mungkin anda bisa mengintip cara menggulung dinamo mesin cuci tg juga menggunakan 24 lobang.....

      Hapus
  41. kalo mau beli lilitan kayak gtu dmn y mz?
    mohon balasanaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lilitan atau alat utk melilitnya ?. kalo lilitan yg sudah jadi sebagian service center menyediakannya. sedang alat lilitnya cari tanya di toko penjual kawat dinamo......

      Hapus
  42. mas,seberlumnya mnt maaf ni mau tanya,saya punya kipas angin kmaren mati total dan setelah diservis sudah nyala kembali,cuma sampai saat ini saya masih ragu karena pas diservis ada perangkat kecil warna hitam posisinya ada pada gulungan kemudian cuma dipotong dan tidak diganti lagi,tp kipas bisa nyala apakah akan memmpengaruhi keawetan kipas tanpa adanya komponen tsbt??? harap maklum karena saya terus terang tidak tau sama sekali tentang kipas angin, terimakasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alat/part yg dipotong lalu di bypass tsb adalah thermofuse. Fungsinya sebagai pengaman jika motor/dinamo panasnya berlebihan maka thermofuse tsb akan putus sehingga motor.dinamo tidak keburu terbakar. Tapi celakanya sering kali saya temui thermofuse tidak bekerja dg baik. ada yg sudah terbakar tapi thermofusenya sendiri tidak putus atau putus sebelum panas motor diambang batas thermo fuse tsb....Sehingga dg alasan tsb kebanyakan montir membypassnya jika putus.
      selagi as tidak macet/aus, capasitor, teg. listrik ok aman2 saja....

      Hapus