Selasa, 18 Oktober 2011

CARA SERVIS DINAMO MESIN CUCI (SEJENIS) SHORT/KONSLET/PUTUS


          Sebelumnya telah kita bahas Cara/trik mengecek dynamo yg short pada mesin cuci/sejenis.  Short pada dynamo paling sering terjadi antara lilitan utama dan starter. Umumnya terjadi pada silang pertemuan/tumpukan kedua lilitan diluar lobang keren. Atau bisa jg terjadi short didalam lobang keren , karena sebagian dynamo tidak diberi sekat penutup antara utama dan starter. Jika hasil pengecekan telah dipastikan bahwa dynamo tsb short, adapun langkah yg akan kita ambil  adalah :
A).  MENGATASI DINAMO SHORT/KONSLET  
*Klik gambar untuk memperbesar
1.      Amati keadaan kawat  dan kertas/plastic mica pada penutup kawat dan sekat antara lilitan utama dan starter (hijau pada gbr). Jika terlihat kawat tampak berubah warna pada satu kutub dibandingkan dg kutub yang lain atau kertas/plastic mika terlihat gosong/menciut pada satu kutub dikarenakan panas yang berlebihan, dapat kita curigai di bagian kutub tersebutlah yang short. Tapi jika shortnya tidak terlalu parah, biasanya  kawat dan mica tampak mulus. Jadi terserah anda untuk memulai kutub mana yg mau dicek terlebih dahulu.

2.      Putuskan tali pengikat pada kutub yang mau di cek secara hati-hati, agar kawat tidak tergores atau ikut terpotong.
3.       Lepaskan  kopelan kawat yg keluar dari utama dan starter pada titik A (lihat gbr). Jika sudah dilepas,  berarti antara starter dan utama tidak ada lagi hubungan. Jika dites dg tester ternyata masih ada hubungan meski dg resistansi besar,  berarti dynamo tersebut masih short.
4.       Pisahkan atau renggangkan tumpukan kutub starter dan utama dengan menekan kutub starter kebagian dalam dg menggunakan tangan atau obeng (jika sirlak cukup keras) yg diameternya /permukaan obengnya tidak terlalu besar/tajam dan dapat diselipkan diantara kutub utama dan pertengahan celah pada kutub starter.  Lakukan dengan hati2 agar kawat tidak putus atau terkelupas  emailnya.
5.       Cek dg tester pada kedua kawat yang telah dilepas atau bisa juga pada titik B dan C (lihat gbr).  Jika masih short, lakukan kembali langkah ke-4 pada kutub yang lain sambil dilakukan pengecekan dengan tester. Lakukan sampai bagian yang short ketemu dengan ditandai tidak adanya lagi hubungan antara utama dan starter meski  posisi tester pada skala X10K.
6.       Jika bagian yang short telah ditemukan, akan tampak bagian email kawat yang terkelupas. Jika tidak terlalu parah (banyak), cukup sirlak kembali bagian yang terkelupas setelah itu lilitan kembali di rapikan lalu beri  sekat pemisah (mica) pada pertemuan/persilangan semua kutub utama dan starter.
7.       Ikat kembali semua liitan, kembalikan sambungan kawat dan kabel seperti semula dan lakukan kembali pengecekan dengan tester. Setelah diyakini lilitan dynamo tidak lagi short lakukan kembali penyirlakan secara merata. 

 B).  MENGATASI DINAMO YANG PUTUS
       Dinamo dapat dikatakan putus apabila kita lakukan pengecekan dengan tester diantara satu kabel ouput dengan kabel yang lainnya tidak ada hubungan sama sekali. Jika secara visual kawat2 lilitan tampak baik adapun langkah pengecekan yang dapat kita ambil adalah sbb :
1.       Lepaskan/putuskan tali pengikat pada bagian kabel terlebih dahulu. Periksa semua sambungan kawat pada kabel dengan melepas selongsong kabel satu persatu (tidak jarang putusnya kawat lilitan dynamo terjadi disini).
2.       Untuk melokalisir pengecekan, cek dengan tester bagian starter atau utama yang putus.
3.       Jika semua kawat tampak mulus dan tidak kelihatan atau ketemu ada kawat yang putus, terpaksa kita melakukan pengecekan kutub perkutub  untuk menemukan bagian yang putus.
4.       Mulailah dari kabel yang dari pengecekan awal tidak terhubung dg yang lain. Untuk contoh kita anggap saja yang putus adalah lilitan utama (A-B).
5.       Kupas sedikit email pada kawat yang keluar (ujung) dari kutub ke-2 atau pangkal kawat pada kutub ke-3 (center).
6.       Cek hubungan antara center ke titik A atau B. Jika yang putus seandainya antara  center ke B, maka pengecekan dapat dipersempit pada pertengahan 2 kutub diantara titik B dan center.  Dengan begitu dapat dipastikan dikutub mana kawat yang putus.
7.       Setelah didapat kutub yang putus barulah kita periksa lagi lebih seksama kalau2 yang putus dibagian luar yang dapat kita sambung.  Kalaupun tidak ketemu kita hanya perlu menggulung pada kutub yang putus saja. 
 CATATAN :
·         Jika yang short atau email kawatnya sudah terlalu banyak yg terkelupas ataupun banyak yang putus, sebaiknya dilakukan penggulungan baru pada lilitan kutub yg bermasalah . dengan konsekwensi jika yg bermasalah adalah lilitan bagian luar anda hanya perlu menggulung baru 1 kutub saja, tp jika bagian dalam anda terpaksa menbongkar/mengamputasi  lalu menggulung kembali 3 kutub sekaligus, 2kutub bagian luar dan 1 kutub bagian dalam yang bermasalah.
·         Ukur diameter kawat dan hitung secara akurat jumlah kawat pada kutub yang akan digulung baru

Semua yang saya uraikan dan jelaskan diatas adalah hasil dari pengalaman saya dalam mengatasi masalah2 pada dynamo mesin cuci dan lainnya yang tentu saja belum tentu dapat dikatakan yang paling praktis dan nyaman bagi orang lain. Jika anda telah mengerti dasar-dasar cara menggulung dynamo dan banyak mengerjakannya, maka anda pasti akan menemukan sendiri cara/teknik terbaik bagi anda untuk mengatasi segala macam permasalahan pada dynamo.
Mohon maaf jika cara penyampaian dan penjelasan saya sulit dimengerti, mohon sambil perhatikan gambar yang saya upload agar lebih mudah di pahami . jika tidak juga anda bisa bertanya di kolom koment dan akan saya usahakan memberikan jawaban secepatnya.
Ini sekadar referensi bagi pembaca yang berminat untuk menekuni perbaikan pada dynamo mesin cuci dan lainnya. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.
Masukan serta kritik sangat saya harapkan demi menutupi kekurangan pada diri saya dan untuk kemajuan kita bersama.  Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.


45 komentar:

  1. Artikel yang sangat membantu saya, terima kasih atas bagi-bagi pengetahuannya, sekian lama saya kebingunan memperbaiki dinamo spin mesin cuci, setelah menemukan blog ini akhirnya saya berhasil memperbaiki sendiri, sebelumnya saya belum pernah memperbaiki dinamo, kecuali elektronika yang lain sudah saya pelajari dan praktekan. sekali lagi saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  2. mksh boss, tp msh krng ngerti, mnta no. hp donk???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf dikarenakan kesibukan sehari-hari sy tidak bisa menjelaskannya lewat hp. Silahkan ketik apa yg anda ingin ketahui disini dan jika ada waktu akan saya coba memberikan jawaban yg terbaik dan semoga dapat membantu....

      Hapus
  3. mantab.. saya mau nanya nihhh cara kerja dinamo mixer gimana ya???? koq ada komutatornya, kayak dinamo DC????? kalau ada ketemu gambarnya tolong di share ya,,, terima kasihhh..

    http://draftermania.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada dasarnya prinsip kerjanya sama saja....
      Insya Allah jika ada waktu dan kesempatan akan sy usahakan......

      Hapus
  4. Mesin cuci saya merk Samsung 60kg rusak motor pengeringnya. Saya cek ada yg putus di gulungan starter. Saya sudah coba bongkar lilitan kawat starter, susah banget bongkarnya.

    BalasHapus
  5. sedikit dipaksa tapi tentunya dg hati2. bongkar dulu pada sambungan kabel dan kawat. Sering kali putusnya dibagian ini. jika sambungannya semua OK. kemungkinan besar antara lilitan Utama dan starter telah short yg menyebabkan lilitan pada starter putus. Perhatikan secara seksama pada setiap tumpukan persilangan antara lilitan utama dan starter...mungkin meninggalkan bekas gosong..., jika tidak ikuti langkah sperti yg sy uraikan pada tulisan ini...

    BalasHapus
  6. Mesin cuci saya merk SANYO SW800X2T. dinamo motor pencuci bisa mutar tapi ada bunyi2 gesekan (seret). Gak lama mutar sebentar terus macet. APanya yang mesti diganti? sudah dicoba pakai elco baru sama saja. elco pencuci brp uF? saya pakai 10uF/450v. cara melepas dinamonya harus bongkar bagian mana? terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo seret/macet... asnya cukup dikasih pelumas, baik bagian atas dan bawahnya. jika tidak bisa dari luar anda terpaksa membongkarnya karena pada bagian bawah umumnya tertutup dan sulit dijangkau pelumas secara merata. (baca jg reply pertanyaan dibwh ini).
      Capasitor utk motor pencuci minimal 10uf - 16uf. tergantung merk dan kapasitas mesin cuci. Untuk sanyo kebanyakan 10-12uf/450v.
      Cara membukanya jika ruangan dinamo sempit anda terpaksa membuka bagian bawah body mesin cuci.
      -pertama buka vanbelt, lalu lepaskan pengait pada tali rem dinamo pengering dan penarik valve pembuangan air. juga ikatan2 pada kabel.
      -buka semua skrup body bagian bwh mesin cuci dan skrup pada kaki dinamo pengering.
      - Setalah itu anda baru bisa membuka baut pada dinamo pencuci.....

      Hapus
  7. Sesuai artikel diatas, saya juga mau tanya nih :
    mesin cuci saya merk Toshiba, dinamo pemutarnya kalo masih dingin sih oke lancar, tapi kalo sudah lama muter bolak balik akhirnya cuman mendengung aja, sudah saya coba bongkar dan saya cek as nya, dan saya kasih pelumas mungkin seret, tapi hasilnya tetep sama.
    Bagaimana nih mas, mungkin ada solusi, dan kalau kiranya perlu diganti dimana saya bisa membelinya (Surabaya & Semarang) karena posisi saya ada di Cepu
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  8. Kemungkinan as dinamonya longgar/koclak karena bosingnya sudah aus. Jika kasusnya bener begitu cukup hanya dg menganti bosingnya dg yg baru. untuk memastikannya goyang as kekiri/kanan dan tahan body dinammo. jika memang sdh aus as akan terasa koclak dan jika dihidupkan saat macet dinamo terdengar mengerang tdk berdengung halus.
    jika bukan bisa jadi lilitan dinamo sudah short, hanya saja persentasenya masih kecil. ketika panas dan terjadi pemuaian pada kwat dinamo barulah persentase shortnya naik sehingga dinamo mogok bekerja dan hanya berdengung saja.

    BalasHapus
  9. Suharyanto (Tomohon):
    Teknisi yang baik hati, membagi ilmu... Sangat membantu... Salam sukses selalu.

    BalasHapus
  10. selamat siang mas,

    mau tanya pas sabtu kemarin mesin cuci satu tabung saya merk LG pengering nya hanya berdengung saja, itu setelah digunakan buat mengeringkan seperti nya kelebihan beban.
    kemudian saya bongkar saya kira kapasitor nya yg rusak, ukuran kapasitor nya 8.5 tp di pasaran ga ada yg jual saya coba pakai yg uk 10. tp pas di coba tetep masih sama, dinamo nya muter tp tabung ga mau muter pada saat spin (pengeringan)dan belt nya masih nyambung. dan tidak ada bau angus sama sekali sedangkan untuk proses pencucian berjalan normal, hanya pengering nya saja yg tidak bekerja.

    kalau gitu kira2 kenapa yach mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada mesin cuci 1 tabung jika saat mencuci normal tapi saat mengeringkan hanya berdengung dapat dipastikan kerusakan bukan pada dinamo ataupun kapasitornya. Sebaiknya kembalikan kapasitor aslinya yg 8,5uf. Besar kemungkinan kerusakan terjadi pada selenoid atau motor sinkron penarik rem pengunci pada tabung pengering yg biasa nya jadi satu dg penarik katup pembuangan air. bisa juga kait atau talinya hanya putus. Coba perhatikan bagian ini dg seksama saat pertama proses spin/pengeringan....

      Hapus
  11. Mesin CUCI saya TOSHIBA 1 tabung AW-8560S, saat di tekan power ON dan select program OK, lalu setelah itu di tekan tombol START, mesin/motor akan berputar dan sensor membaca berat pakaian. Tetapi setelah itu mesin/motor tiba2 STOP dan beberapa tombol akan nge-Blink dan suara buzzer keluar.
    Mohon pencerahan-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. air kurang. coba set water level di posisi lebih tinggi. jika masih nggak mau...,bisa jadi water level detector atau selangnya bermasalah.....

      Hapus
  12. Mesin cuci 2 tabung saya konslet setelah dipakai sekitar 5 menit. Saya ganti sekering. Konslet lagi.
    Mesin pengering berjalan dengan baik.
    Konsletnya juga karena dinamo?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan terlebih dahulu kabel2 tidak ada yang terkelupas digigit tikus atau krn lainnya dan saling bersentuhan. Pastikan juga besar Ampere fuse sesuai dg aslinya. Jika sudah diyakini oke besar kemungkinan memang dinamonya yang short/konslet. untuk lebih memastikannya baca http://hobbytehkniselektronika.blogspot.com/2011/08/trik-mengecek-dinamo-mesin-cucisejenis.html

      Hapus
    2. Mas... mau nanya nih... jika ada mesin spin/pengering yg sedang dilepas dari bodi mesin cuci...
      terus kita lupa sama kabel2 yg barusan dilepas tadi...
      gimana caranya menentukan kabel2 yg seharusnya terhubung antara ke capasitor, arus ac/pln atau ke timer/saklar...
      misalkan alat yg dipakai cukup multitester aja...

      Hapus
  13. selamat siang..

    mesin cuci saya toshiba aw-8480 sn, beberapa hari yg lalu pengering pada mesin tersebut tidak berfungsi/mati, dan keesokan harinya mesin pencucinya ikut mati, kira kira apa yg rusak, apa hanya tombol digital atau memang maesinnya yg rusak..

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu2nya jalan pengetesannya secara manual dahulu. lepas/putus semua kabel dinamo dari board controlnya. pasang kabel lisrik ac langsung kedinamo, tapi sbelumnya perhatikan wire diagram yg biasanya tertempel pada tutup/body belakang mesin cuci..Kalo hasilnya ok..., berarti masalahnya ada pada board kontrol digitalnya atau bisa juga pada sensor water level....

      Hapus
  14. aslkum bang, slam kenal sy tertarik bnget dgn artikel ini, mau sharing boleh kan? sya tuh akhir2 ni lgi hoby otak-atik motor dc,untuk aeromodeling, nah gmn tuh caranya agar motor dc dgn daya 3,7 volt bisa menghasilkan rpm tinggi, agar mampu mengangkat beban kisaran 500-750 gram (utk jenis pesawat trainner)/ utk pesawat pemula. salam hangat dan terimakasih sebelumnya, mohon dikirim ke email, soalnya kadang sya lupa, sma blog bagus yg bru sja sya temukan, trims. (email sya; widadajaya@gmail.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuhhh...maaf sekali. jangankan utk memberi saran, gimana bentuk dan lilitan dinamo/motor dc utk aeromodeling saja saya belum pernah jumpa apalagi untuk memperhitungkan agar mampu mengangkat beban sekian ..gram. besar kawat yg digunakan, jumlah lilitan dan besaran magnet tetap pada motor dc sangat besar berperan utk menghasilkan rpm yg tinggi namun tetap awet (ini yg tersulit). Mungkin prinsip dasar pada lilitan dinamo mainan mobil tamiya yg banyak dimuat diblog2 pada mbah google search bisa jadi referensi bagi anda. Mohon maaf jika responnya terlambat. Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami.....

      Hapus
  15. SALAM, minta tolong buat blog tentang mixer atau blender ya. Terimakasih

    BalasHapus
  16. Saya ada msn steam yang dinamonya keluar asap&terjadi konslet,itu kira2 kerusakan pd bagian apanya?istilah sirlak itu apa?mohon pencerahannya krn msh awm,trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dinamo sudah terbakar lalu short. Yang dimaksud sirlak itu adalah cairan insulating/ pelapis/pengeras saat setelah proses menggulung dinamo agar dinamo lebih awet lebih tahan panas. juga untuk menutup kembali email kawat jika ada yg tergores saat proses memasukan lilitan ke kiren. Bahannya sendiri tidak beda jauh dg vernis untuk mengkilatkan kayu hanya lebih cepat kering. Jika dalam keaada terdesak..., cat biasapun dapat digunakan sebagai pengganti sirlak tapi dibuat lebih enceran dan tunggu sampai kering....barulah dinamo bisa digunakan.....

      Hapus
  17. Mas... mau nanya nih... jika ada mesin spin/pengering yg sedang dilepas dari bodi mesin cuci...
    terus kita lupa sama kabel2 yg barusan dilepas tadi...
    gimana caranya menentukan kabel2 yg seharusnya terhubung antara ke capasitor, arus ac/pln atau ke timer/saklar...
    misalkan alat yg dipakai cukup multitester aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditutup belakang pada semua mesin cuci terdapat wiring diagram yg bisa dijadikan referensi...., warna kabel bisa juga jadi petunjuk. Untuk memastikannya gunakan avometer.
      Baca artikel "CARA/TRIK MENGECEK DINAMO MESIN CUCI/SEJENIS".

      Hapus
  18. mas kalau ingin mengetahui capasitor mesin cuci 2 tabung rusak atau masih bagus, apa bisa dilakukan ketika ada arus listrik masuk? (kapasitor tidak dilepas)
    kalau bisa, bagaimana bisa tahu capasitor masih berfungsi atau tidak?
    terimakasih

    pacul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk lebih akurat gunakan Avometer digital atau ESR utk mengulkur kapasitas atau hambatannya, toh tidak repot jika hanya melepas 2 kabel pada kapasitor..???.

      Hapus
  19. salam kenal mas. mas mau tanya kapasitor mesin cuci di ganti elco dengan ukuran yang sama bisa ga mas. makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapasitor pd mesin cuci tidak bisa di ganti dg elco. elco digunakan utk teg DC.

      Hapus
  20. Salam Kenal ,Mas Numpang Nanya kalau kapasitor mesin cuci dempo 2 tabung brapa ukurannya ya soalnya kapasitornya saya copot tapi ke buang ama anak jd ndak tau ukurannya ni merk mesin cuci dempo 898
    170 wat terimakasih mas.

    BalasHapus
  21. salam kenal mas,, mo tanya mengenai spin motor (motor pengering) pada mesin cuci 2 tabung, pada kondisi terpasang di body spin motor tidak berfungsi hnya terdengar suara dengung...pada saat dilepas dari mesin cuci tetap tidak berfungsi, tapi pada as nya saya bantu putar dengan tangan motor ny bisa berputar.kira2 masalah ny apa y..kapasitor 5mf sudah saya ganti...terima kasih

    BalasHapus
  22. Slm Kendal bang...
    Bang Baku punya main cuci Toshiba AW-8560S, masalahnya saat Di on hidup tapi saat ditekan tombol start mesinya ng a hidup, apa yang jadi penyebabnya Dan bagaimana cara meperbaikinya?
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  23. Salam kenal mas, apakah semua motor mesin cuci bisa digulung ulang? berapa sih kira2 biaya gulung ulang motor mesin cuci electrolux... makasih

    BalasHapus
  24. Salam kenal pak...makasih dengan membaca postingan smpeyan, aku beranikan untuk melepas kumparan utama dan stater, setelah saya AVO meter ternyata dinamo spin saya bener nge shot. pantas hanya mendengung meski diganti kapasitornya. Tapi kumparanya masih bagus dan gak keliatan nge shotnya, mau aku renggangkan antara kedua kumparan itu masih sulit/keras. nih masih berusaha, mudah2an berhasil... sekali trims infonya..

    BalasHapus
  25. mas numpang share... mesin cuci saya sanyo sw 700xt.
    punya masalah di mesin spinnya. kata nya dinamonya lemah (bisa mutar kalo dibantu putar dgn tangan). kata tukan service harus ganti dinamonya. kira2 ada cara lain gak mas #soalnya katanya harga dinamonya mahal......thx

    BalasHapus